Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Enggak Suka Sayur? Coba Cara Ini

Ilustrasi. Sumber foto: Menshrine.comIlustrasi. Sumber foto: Menshrine.com

Topcareer.id – Sayuran bagus untuk kesehatan, tapi tidak semua orang menyukainya. Bukan hanya anak-anak yang menolak makanan ini, sebagian orang dewasa juga banyak yang tidak mau mengkonsumsi sayuran.

Dilansir dari livekindly.co, Rabu (23/10/2019), ada beberapa cara agar lidah kamu bisa menerima rasa makanan satu ini, apa saja ya?

Makan apa yang kamu suka
Banyak orang tidak menyukai sayuran karena rasa pahit. Padahal, jika dimasak dan diolah menjadi makanan yang kamu suka, kamu tidak akan menyadari makanan yang kamu makan adalah sayuran yang kamu benci. Contohnya, kamu bisa mengkolaborasikan sayuran dan daging untuk membuat burger. Hmm, enak bukan?

Jadilah kreatif!
Jangan menaruh semua sayuran yang kamu benci dan memakannya sekaligus. Cobalah untuk membiasakan diri dengan 1 sayuran terlebih dahulu. Jangan berharap kamu akan lansung menyukai. Bersabarlah dan tetap berpikir positif.

Jika kamu melihat jenis sayuran baru yang belum pernah kamu coba atau dengar, belilah dan temukan resep baru untuk dicoba. Anggap ini sebagai petualangan memasak, dan bersenang-senanglah dengannya.

Bumbui
Menambahkan rempah-rempah atau bumbu ke masakan sayur juga dapat membantu mengubah rasanya. Ada berbagai macam resep yang dapat kamu coba hingga kamu menemukan kombinasi masakan sayuran yang sempurna! Kamu juga bisa menambahkan garam lho, konon garam dapat mengurangi rasa pahit. Tapi jangan berlebihan ya, karena garam tidak bagus untuk kesehatan.

Mulai dengan sayuran yang disukai
Kamu suka jagung, kacang polong, atau wortel? Mungkin kamu bisa mengkombinasikannya dengan sedikit sayuran lainnya seperti bayam.

Ingat untuk permulaan, campurkan dengan sayuran yang kamu benci sedikit saja ya! Ini mungkin membutuhkan waktu agar lidah kamu terbiasa. Tapi jika kamu sering mencoba dan konsisten, mungkin sedikit demi sedikit kamu bisa menjadi penggemar sayuran.

Selipkan ke makanan yang menggugah selera
Jika semua percobaan gagal, kamu bisa memasukan sayuran secara diam-diam. Coba sembunyikan sayuran ke dalam makanan yang enak serta menggugah selera makan kamu, dan buatlah itu sulit untuk dideteksi. Misalnya, jika kamu membuat smoothie buah dengan banyak bahan-bahan manis seperti pisang dan nanas, kamu bisa menambahkan satu atau dua lembar bayam.

Berteman dengan si fanatik sayuran
Psikolog perkembangan mengatakan anak-anak akan menginginkan makanan yang sama dengan orang yang menikmati makanannya.

Semakin banyak kamu dikelilingi oleh para fanatik sayur, maka peluang kamu untuk bisa mencoba dan menyukainya akan semakin besar.

Menambah asupan nutrisi
Jika semua cara sudah kamu coba dan lidah kamu masih tidak bisa menerima sayuran, kamu bisa mencoba memakan biji-bijian utuh, buah-buahan, dan kacang-kacangan karena itu akan memberi nutrisi yang cukup. Hindarilah makanan cepat saji jika memungkinkan.

Jangan merasa putus asa!
Terlepas dari semua ini, janganlah berputus asa! di luar sana banyak restoran atau tempat makan yang menyajikan sayuran dengan berbagai bentuk unik dan menggugah selera.

Jangan menyerah, cobalah berburu tempat-tempat seperti ini. Dari semuanya pasti ada tempat makan yang menyajikan rasa sayuran yang cocok dengan lidah kamu.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply