TopCareerID

30 Hari Mencari Kerja: Tips Agar Lekas Punya Penghasilan

Ilustrasi. Sumber foto: transitiontohired.com

Ilustrasi. Sumber foto: transitiontohired.com

Topcareer.id – Sebagian besar dari kita melakukan kesalahan yang sama dengan melamar setiap pekerjaan secara membabi buta. Semua itu kita lakukan karena ingin segera mendapat kerja.

Memang, sah-sah saja sebenarnya berusaha mendapat pekerjaan baru. Namun, seringkali orang lupa memperhatikan hal penting yang harus dilakukan sehingga prosesnya justru menjadi lama.

Melansir content.wisestep.com, Kamis (24/10/2019), Yuk simak tips berikut ini untuk segera mendapat pekerjaan kurang dari sebulan.

Tetapkan lingkungan
Pikirkan dulu di mana kamu akan bekerja. Setiap perusahaan memiliki sisi positif dan negatifnya sendiri. Cari perusahaan yang cocok dengan dirimu.

Kenali dan pahami target
Jangan datang dalam kondisi tak tahu apa-apa. Cari tahu informasi detail perusahaan yang kamu pilih. Semua informasinya akan membantu kamu saat pewawancara mengajukan pertanyaan terkait perusahaan. Hal ini akan membuat mereka sadar bahwa kamu memiliki minat yang tinggi untuk bergabung di sana.

Lihat ke belakang dan retropeksi
Sebelum melamar, penting bagi kamu untuk melihat kemampuan dirimu. Pengalaman yang kamu miliki, serta surat referensi kerja, bisa membantu mendapatkan pekerjaan baru sesuai pilihanmu.

Baca juga: Sedang Kerja dan Ada Gempa? Lari atau Diam?

Perbarui resume
Melanjutkan poin sebelumnya, cobalah membuat highlight rangkaian keterampilan yang relevan dengan pekerjaan tertentu. Jika ingin menerima panggilan wawancara, kamu harus mengambil inisiatif memodifikasi CV sesuai persyaratan masing-masing perusahaan.

Social media is the best
Media sosial merupakan cara terbaik untuk berhubungan dengan orang yang tepat dan mendapatkan pekerjaan. Gunakan media sosial kerja profesional untuk terhubung dengan banyak pencari kerja. Tampilkan kemampuan terbaikmu untuk menarik perusahaan yang mencari karyawan di media sosial.

Surat lamaran mengesankan
Banyak di luar sana yang masih mengirimkan CV tanpa surat lamaran. Tuliskan kualitas dan keterampilan yang kamu miliki. Kamu harus membuat perusahaan mengerti bahwa mereka akan diuntungkan karena kamu memiliki semua keterampilan yang diperlukan.

Persiapan wawancara
Hanya ada sangat sedikit orang yang mendapatkan tawaran pekerjaan di awal langkah mereka. Jadi persiapkan diri semaksimal mungkin. Jadilah bagian dari sedikit orang itu.

Baca juga: Kenapa Tetap Bekerja Punya Arti Penting bagi Perempuan?

Kembangkan skill baru
Usahakan untuk terus menambah keterampilan baru. Ini akan sangat membantumu mendapatkan pekerjaan. Lihat pasar kerja dan semua keterampilan yang dibutuhkan, sehingga kamu bisa menambahkannya ke resume kamu.

Pakaian itu penting
Saat pergi wawancara, pastikan pakaian kamu memiliki kombinasi yang tepat. Ini penting karena penampilanmu adalah salah satu poin penting bagi perusahaan dalam menerima seseorang.

Follow up
Setelah selesai wawancara, sebagian besar kandidat berpikir bahwa sekarang waktunya perusahaan untuk menunggu.

Padahal, kenyataannya tidak selalu demikian. Coba follow up dengan menelepon mereka setelah periode wawancara dan tanyakan hasilnya. Jika belum diterima, kamu bisa gerak cepat menuju perusahaan lain.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version