Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Punya Pacar Sekantor? Lakukan Ini Supaya tak Hambat Karier

Ilustrasi. Sumber foto: Business MattersIlustrasi. Sumber foto: Business Matters

Topcareer.id – Yang namanya cinta tidak bisa dipastikan kapan datangnya, dengan siapa dan di mana.

Tapi bagaimana jika kamu merasakan cinta lokasi alias cinlok di tempat kerja? Jangan biarkan persoalan asmara kamu menghambar karier dan mengganggu orang di sekitar kamu!

Dilansir dari Thebalancecareers.com, Jumat (25/10/2019) berikut tips-tips untuk menangani romansa di kantor

  • Cek kebijakan perusahaan
    Sebelum kamu memutuskan untuk menerima cinta rekan kerja, sebaiknya kamu mengecek dulu kebijakan perusahaan. Setiap perusahaan pastinya memiliki kebijakan yang berbeda dalam masalah ini. Jika itu melanggar aturan, sebaiknya tanyakan dulu pada diri sendiri “Apakah itu sepadan?” Jika hubungan diizinkan, berhati-hatilah dan bersiaplah untuk segala konsekuensi.
  • Bicarakan hal terburuk
    Sebelum mulai berkencan dengan rekan kerja, bicarakan kemungkinan terburuk yang akan terjadi dan bagaimana menanganinya. Bicarakan juga hal-hal yang harus dilakukan ketika ke depannya terjadi perpisahan, agar tidak mempengaruhi sikap dan mood di kantor.
  • Jaga profesionalisme
    Jangan biarkan hubungan asmara di kantor memengaruhi kualitas dan efisiensi pekerjaan. Kamu tidak harus merahasiakan hubungan kamu, tapi jangan biarkan hal ini berkembang menjadi gosip! Kamu hanya perlu tunjukan kepada atasan dan rekan kerja, bahwa asmara kamu tidak akan mempengaruhi kinerja kamu. Jika kamu tidak bisa bersikap profesional, mungkin kamu dan pasangan diminta untuk mengakhiri romansa, atau lebih buruk lagi salah satu dari kalian harus mengundurkan diri.
  • Jaga jarak
    Gosip negatif akan menerpa jika kamu selalu terlihat berduaan. Jadi hindari duduk bersebelahan dalam rapat, makan siang bersama setiap hari, atau bertindak secara umum sebagai satu kesatuan. Dan jangan menggunakan fasilitas kantor untuk masalah asmara ya!

Baca juga: Pekerjaan vs Hubungan Percintaan, Bagaimana Agar Seimbang?

Jangan berkencan dengan Atasan

Kamu tentu tidak mau jadi sorotan semua orang di kantor kan? Maka sebaiknya jangan berkencan dengan orang yang memiliki posisi lebih tinggi dari kamu.

Jika kamu memutuskan untuk berkencan dengan atasan, umumnya orang-orang akan berpikir kamu mendapat keiistimewaan. Pikiran-pikiran negatif lainnya juga akan terus bermunculan mengiringi semua yang kamu lakukan dan dapatkan.

  • Jangan umbar kemesraan di kantor
    Tidak peduli seberapa besar rasa cinta yang sedang kamu rasakan, jangan sampai kamu dan pasangan mengumbar kemesraan di kantor. Tetaplah bersikap seperti biasanya. Jangan memanggil pasangan dengan nama kesayangan, jangan berpegang tangan, dan jangan memperlakukan pasangan secara istimewa.
  • Atasi masalah percintaan setelah jam kerja
    Bertengkar dengan pacar yang satu kantor dengan kamu? Jangan sampai membawa masalah itu ke kantor. Selesaikanlah urusan pribadi kamu di luar jam kerja dan jauh dari lingkungan kantor.
  • Pertimbangkan untuk meninggalkan perusahaan
    Jika hubungan itu menjadi serius atau akan mengarah ke pernikahan, sebaiknya salah satu dari kalian mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan baru.
the authorSherley Agnesia

Leave a Reply