Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTips Karier

6 Keterampilan Wajib Seorang Product Manager

Ilustrasi. Sumber foto: mediabistro.comIlustrasi. Sumber foto: mediabistro.com

Topcareer.id – Seorang product manager bertanggung jawab merancang strategi untuk memastikan produknya bisa lebih menonjol dari pesaing. Ia juga bertugas memecahkan masalah langsung dan jangka panjang dari audiens target.

Dilansir dari appcues.com, Rabu (23/10/2019), berikut keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang product manager.

Tahu cara menjalankan meeting yang optimal
Meeting merupakan keharusan dalam bisnis. Dengan arahan serta perencanaan yang tepat, meeting dapat memberikan banyak value.

Sebagai product manager, kamu harus pandai mensirkulasikan agenda sebelum meeting sehingga semua orang tahu apa yang akan dibahas. Meeting harus singkat. Karena semakin lama meeting, semakin kecil kemungkinan orang bisa tetap fokus.

Memahami kode
Product manager harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk bekerja dengan business developer. Pemahaman yang solid juga akan membantu kamu memahami tantangan yang dihadapi tim. Memahami kode berarti bisa menetapkan tenggat waktu yang wajar dengan developer.

Mampu mensupport orang lain
Sebagai product manager, kamu bertanggung jawab menyatukan tim yang berbeda. Keterampilan kepemimpinan dan interpersonal sangat penting. Product manager harus dapat menyampaikan apa yang paling penting bagi perusahaan dengan cara yang membuat orang cepat bertindak.

Baca juga: Studi: 64 Persen Pekerja Lebih Percaya Robot daripada Manajernya

Pemahaman kuat tentang statistik
Data statistik sangat memandu keputusan seorang product manager. Ini memberi tahu apa yang dilakukan pengguna pada produk yang diluncurkan, fitur apa yang paling dapat disuka pelanggan, serta seberapa baik produk dalam menarik pelanggan baru. Kuasai statistik produk agar bisa mengambil keputusan tepat dalam mengembangkannya.

Kelola waktu
Ketika bekerja dengan banyak tim dan pemangku kepentingan yang berbeda, mengorganisir waktu dengan baik bisa jadi kunci kesuksesan.

Jangan cuma sekedar sibuk. Isi waktu dengan tugas-tugas yang secara langsung sejalan dengan tanggung jawab terhadap produk.

Fokuslah pada proyek yang paling mendesak. Tanamkan budaya penanganan masalah dengan segera sehingga karyawan tidak membuang waktu menunggu untuk menyelesaikannya.

Tahu timing untuk delegasi
Product manager harus mendelegasikan tidak hanya tugas, tetapi juga tanggung jawab. Jika telah memberi seseorang tanggung jawab untuk suatu proyek, biarkan mereka mengambil kendali penuh.

Biarkan mereka mengatur jadwal pertemuan dan membuat keputusan sesuai kebutuhan. Intinya adalah melepaskan dan memercayai tim. Jika tidak berjalan lancar, pikirkan cara mengatasinya.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply