Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Introvert bukan Antisosial, Ini Perbedaan yang Kamu Harus Tahu

Ilustrasi. Sumber foto: today.com

Topcareer.id – Terkadang orang sering menyamakan kepribadian introvert dan antisosial. Padahal, mereka memiliki karakteristik yang berbeda.

Dikutip dari psych2go.net, Jumat (25/10/2019), berikut poin-poin yang bisa membantu membedakan keduanya.

Apa yang disukai?

  • Introvert: bisa menikmati kebersamaan dengan orang lain. Mereka bisa berkencan dan bertemu orang baru. Namun akan membutuhkan lebih banyak waktu relaksasi sendiri sesudahnya, karena situasi sosial yang ramai sangat melelahkan mereka.
  • Antisosial tidak ingin melakukan kontak nyata dengan orang-orang di sekitar mereka. Mereka sama sekali tidak bisa menikmati kebersamaan dengan orang lain. Mereka bahkan tidak mengirim pesan teks atau mengangkat telepon karena tidak ingin memulai kontak. Antisosial sangat senang berada jauh dari orang lain seutuhnya.

Bagaimana dengan rasa malu

  • Ketika seorang introvert membutuhkan me time untuk me-recharge dirinya, seringkali mereka dituduh pemalu. Padahal tidak begitu. Introvert sebenarnya menginginkan interaksi. Mereka hanya perlu istirahat setelahnya karena terlalu banyak energi yang hilang setelah bersosialisasi.
  • Antisosial bukanlah individu pemalu, mereka hanya tidak menginginkan kontak dengan orang lain dalam hidup mereka.

Yang dirasakan saat berada di dekat orang lain?

  • Introvert menikmati situasi sosial dan interaksi dengan cara mereka sendiri. Introvert tidak secara inheren menghindari teman atau panggilan telepon.
  • Antisosial membutuhkan ruang emosional dan fisik. Mereka tidak suka berada di dekat orang lain secara keseluruhan dan akan sering menghindarinya. Bukan karena mereka membenci orang, kebencian tidak ikut bermain di sini. Ini lebih karena mereka tidak suka atau tidak ingin berada di dekat orang lain. Mereka tidak membutuhkan interaksi sosial untuk bahagia. Ini yang menyebabkan individu anti sosial terlihat kasar.

Apakah hubungan itu penting?

  • Jawaban introvert biasanya iya. Mereka melihat kencan dan cinta dengan cara yang sama seperti seseorang yang bukan introvert. Karena mereka masih bisa menikmati kebersamaan dengan orang lain. Namun penting bagi pasangan untuk memahami mereka akan selalu membutuhkan waktu sendiri.
  • Antisosial tidak melihat kepentingan untuk menjalin hubungan, karena mereka sebenarnya lebih suka sendiri. Hubungan hanya akan menjadi interaksi yang tidak perlu di antara mereka. Jadi rasanya agak sulit untuk memiliki hubungan jangka panjang dengan orang antisosial.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply