Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Taktik Negosiasi dengan Lawan yang Bisa Kamu Coba

Dok. SMU

Topcareer.id – Beberapa negosiator percaya bahwa taktik tawar-menawar merupakan kunci keberhasilan. Mereka menggunakan ancaman, tuntutan ekstrem, dan bahkan perilaku tidak etis untuk mencoba menang dalam negosiasi.

Negosiator yang mundur pada strategi tawar-menawar dalam negosiasi biasanya kurang memahami tentang keuntungan yang dapat dicapai dalam sebagian besar negosiasi bisnis. Ketika negosiator menggunakan taktik tawar-menawar, mereka menyampaikan bahwa mereka memandang negosiasi sebagai urusan yang saling menguntungkan.

Dikutip dari Pon.harvard.edu, berikut ini ada beberapa taktik negosiasi sulit yang biasa dilancarkan oleh lawan. Kamu bisa pelajari untuk menghadapinya.

Baca juga: Cara Jitu Negosiasi untuk Mencapai Sepakat

Taktik komitmen
Lawan kamu mungkin mengatakan bahwa ia memiliki keleluasaan terbatas untuk bernegosiasi dengan kamu. Lakukan apa yang kamu bisa untuk mengetahui apakah yang disampaikan oleh pihak lawan ini benar. Kamu mungkin perlu bernegosiasi dengan seseorang yang memiliki wewenang lebih besar untuk membantumu.

Strategi negosiasi “take it or leave it
Penawaran jarang dapat dinegosiasikan. Untuk meredakan taktik tawar-menawar ini, coba abaikan dan fokuslah pada konten penawaran, lalu buat penawaran balik yang memenuhi kebutuhan kedua belah pihak.

Penawaran yang tidak diterima
Ketika kamu mengajukan penawaran, kamu mungkin menemukan bahwa rekanan kamu meminta untuk membuat kelonggaran sebelum mengajukan tawaran balik. Jangan menawar diri sendiri dengan mengurangi permintaan kamu. Tunjukkan bahwa kamu sedang menunggu tawaran balasan.

Mencoba mengalahkan
Terkadang kamu mungkin menemukan bahwa lawan kamu terus membuat tuntutan yang lebih besar dan lebih besar, menunggu kamu untuk mencapai titik puncaknya dan kalah. Gunakan taktik tawar menawar dan jelaskan bahwa kamu hanya akan terlibat dalam penawaran dengan timbal balik yang saling menguntungkan.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply