TopCareerID

Ini Taktik Negosiasi dengan Lawan yang Bisa Kamu Coba

Dok. SMU

Topcareer.id – Beberapa negosiator percaya bahwa taktik tawar-menawar merupakan kunci keberhasilan. Mereka menggunakan ancaman, tuntutan ekstrem, dan bahkan perilaku tidak etis untuk mencoba menang dalam negosiasi.

Negosiator yang mundur pada strategi tawar-menawar dalam negosiasi biasanya kurang memahami tentang keuntungan yang dapat dicapai dalam sebagian besar negosiasi bisnis. Ketika negosiator menggunakan taktik tawar-menawar, mereka menyampaikan bahwa mereka memandang negosiasi sebagai urusan yang saling menguntungkan.

Dikutip dari Pon.harvard.edu, berikut ini ada beberapa taktik negosiasi sulit yang biasa dilancarkan oleh lawan. Kamu bisa pelajari untuk menghadapinya.

Baca juga: Cara Jitu Negosiasi untuk Mencapai Sepakat

Taktik komitmen
Lawan kamu mungkin mengatakan bahwa ia memiliki keleluasaan terbatas untuk bernegosiasi dengan kamu. Lakukan apa yang kamu bisa untuk mengetahui apakah yang disampaikan oleh pihak lawan ini benar. Kamu mungkin perlu bernegosiasi dengan seseorang yang memiliki wewenang lebih besar untuk membantumu.

Strategi negosiasi “take it or leave it
Penawaran jarang dapat dinegosiasikan. Untuk meredakan taktik tawar-menawar ini, coba abaikan dan fokuslah pada konten penawaran, lalu buat penawaran balik yang memenuhi kebutuhan kedua belah pihak.

Penawaran yang tidak diterima
Ketika kamu mengajukan penawaran, kamu mungkin menemukan bahwa rekanan kamu meminta untuk membuat kelonggaran sebelum mengajukan tawaran balik. Jangan menawar diri sendiri dengan mengurangi permintaan kamu. Tunjukkan bahwa kamu sedang menunggu tawaran balasan.

Mencoba mengalahkan
Terkadang kamu mungkin menemukan bahwa lawan kamu terus membuat tuntutan yang lebih besar dan lebih besar, menunggu kamu untuk mencapai titik puncaknya dan kalah. Gunakan taktik tawar menawar dan jelaskan bahwa kamu hanya akan terlibat dalam penawaran dengan timbal balik yang saling menguntungkan.

Serangan pribadi
Ini dapat membuatmu tidak nyaman dan rentan kalah. Minta waktu jika kamu merasa bingung, dan beri tahu pihak lain bahwa kamu tidak akan mentolerir penghinaan dan cara tidak hormat lainnya.

Menggertak dan berbohong
Fakta yang berlebihan dan salah arti bisa membuatmu lengah dalam bernegosiasi. Waspadalah tentang apa yang disampaikan lawan kepadamu dan terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Selidiki dengan cermat.

Baca juga: Bolehkah Fesh Graduate Nego Gaji? Boleh Banget. Begini Triknya

Ancaman dan peringatan
Ingin tahu cara menghadapi ancaman? Langkah pertama adalah mengenali ancaman dan peringatan sebagai taktik tawar-menawar seperti itu. Mengabaikan ancaman dan menyebutkan ancaman yang mereka tujukan pada dirimu bisa jadi strategi efektif untuk menjinakkannya.

Meremehkan tawaran alternatifmu
Pihak lain mungkin mencoba membuatmu menyerah dengan meremehkan alternatif terbaik untuk perjanjian yang dinegosiasikan dari kamu. Jangan biarkan dia mengguncang tekadmu. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version