Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

8 Senjata Utama Seorang Food Stylist, Penasaran?

Ilustrasi. Sumber foto: FormatIlustrasi. Sumber foto: Format

Topcareer.id – Kurang lengkap rasanya kalau mengenal pekerjaan seorang food stylist tanpa tahu perlengkapan atau peralatan apa yang menunjang mereka selama bekerja. Mungkin, enggak akan jauh dengan peralatan dapur atau malah sebaliknya.

Coba deh intip peralatan yang dibawa food stylist asal Kanada, Kelly Neil seperti yang ia tulis dalam websitenya, kellyneilcom.com.

Pisau Pengupas

Kelly mengatakan bahwa pisau pengupas yang kecil dan tajam bisa digunakan untuk mengiris atau memberikan torehan pada makanan. Ujung pisaunya mampu memberikan sentuhan pada makanan agar tampak lezat, bahkan ketika kamu tidak bisa menemukan pinset.

Kuas Cat

“Saya menyimpan bermacam-macam ukuran kuas di tas saya. Yang lebih besar sangat bagus untuk menyikat remah-remah dari latar tempat sajian,” kata Kelly. Menurutnya, kuas dengan ukuran yang lebih kecil sangat cocok untuk melukis dengan minyak zaitun, atau saus pada makanan agar terlihat sedikit lebih lezat.

Gunting

Kelly mengatakan bahwa alat ini berfungsi untuk menggunting daun bawang, rempah daging asap, dan banyak bahan lainnya. Selain itu gunting juga berfungsi untuk membuka kemasan dan memotong kain.

Kelly Neil, food stylist ternama asal Kanada.

Botol Semprot

Dalam tempat peralatannya, Kelly biasa menyimpan 3 botol semprotan mini. Pertama untuk minyak zaitun, kemudian campuran 50/50 gliserin plus air, dan satu botol air biasa. Semprotan minyak zaitun bisa membuat makanan tampak berkilau, misal pada daging dan sayuran hijau.

Sementara campuran gliserin serta air dapat disemprotkan di bagian luar gelas agar terlihat berembun pada air minum dingin. Dan air biasa bagus untuk salad hijau yang agak layu.

Baca juga: Simak Tips dan Trik Menata Makanan dari Food Stylist, Jennifer Joyce!

Manik-manik Kaca

Kelly biasa menyimpan manik-manik kaca sekitar 20 buah dalam kantong plastik kecil. Ia akan lebih sering menggunakan item ini untuk menata hidangan sup, yang diletakkan di dasar mangkuk sup.

Manik-manik kaca mencegah ramuanmu tenggelam ke dasar mangkuk, dan kamu dapat menempatkannya persis di tempat yang kamu inginkan.

Pinset

Pinset yang biasa Kelly bawa ada dua, yakni pinset dengan ujung yang miring dan satu pinset lagi dengan ujung yang seperti jarum. Kelly menilai pinset ini sangat berguna dalam menempatkan makanan serta hiasan pada posisi yang tepat.

Lighter

“Saya sebenarnya tidak menggunakan korek api, tapi saya perlu menyalakan lilin di set. Dan tidak ada yang lebih buruk daripada bertanya-tanya, berharap ada yang memilikinya.”

Lakban

Kelly mengatakan, lakban merupakan barang yang bakal berguna di suatu saat. Lakban bisa mengencangkan kain kusam atau keriput, dan dapat menahan piring atau makanan tetap di tempat.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply