Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Sosok

Erick Thohir, Mantan Bos Inter Milan Jadi Menteri Jokowi

Dok. Bola.net

Topcareer.id – Erick Thohir, B.A., M.B.A. seorang pengusaha sukses papan atas Indonesia kini menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara ke-9 Kabinet Indonesia Maju.

Erick yang pernah menjadi tim sukses Jokowi dilantik dan diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019 lalu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini profil singkat Erick.

Baca juga: Angela Tanoesoedibjo, Satu-satunya Wanita yang Jadi Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Erick Thohir pernah menjalani pendidikan tinggi di Amerika. Untuk gelar S1 ia peroleh dari Glendale Community College, California, USA, dan untuk gelar S2 nya ia berhasil raih di Master of Business Administration National University, California, USA.

Prestasi Erick salah satunya pernah membeli Republika yang saat itu berada di ambang kehancuran pada 2001. Di tangan Erick, Republika kembali bangkit.

Erick pernah meraih keuntungan fantastis dengan membeli saham salah satu klub sepakbola raksasa Italia Inter Milan sebesar 70% pada 2013, dan pada 2016 ia melepas seluruh sahamnya.

Selama masa kepemilikannya ia memperoleh keuntungan hingga 150 juta Euro, dan setelah melepasnya Erick masih mendapat keuntungan 100 juta Euro.

Pada 2018, Jokowi memintanya mengarsiteki Asian Games yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Ia menjadi Ketua INASGOC ( Indonesian¬†Asian Games¬†Organizing Committee). Sukses Asian Games 2018 membawanya kian dipercaya Jokowi. Erick dipilih Jokowi menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin.

Melihat kesuksesan sepak terjang Erick di berbagai bidang usaha membuatnya dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk menjabat Menteri BUMN, dan diharapkan Erick bisa membantu untuk bersama memajukan Indonesia lebih produktif.

Erick bukan hanya seorang pengusaha handal, ia juga orang yang profesional. Setelah pelantikannya sebagai menteri, ia langsung mengajukan pengunduran diri dari posisinya sebagai komisaris utama di PT Mahaka Media Tbk (ABBA) dan PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI).

Baca juga: Daftar Lengkap 12 Wakil Menteri Pilihan Presiden Jokowi

Pekerjaan dan jabatan:

  • Pendiri & Komisaris Utama Mahaka Group
  • Pemegang saham Persib Bandung Juara
  • Mantan pemilik dan presiden klub sepakbola Inter Milan (Italia)
  • Pemilik klub sepakbola D.C. United (Amerika)
  • Presiden Direktur ANTV
  • Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC)
  • Ketua Tim Pemenangan Nasional Jokowi
  • Direktur Oxford United
  • Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Jokowi

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply