Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Trik Arah Cahaya yang Baik Saat Foto Makanan

Dok. Twitter

Topcareer.id – Cahaya yang baik tentu akan bisa menghasilkan foto yang mengesankan, tak terkecuali dengan foto makanan khususnya kue (cake). Namun, memiliki cahaya yang baik saja tak cukup, arahan cahaya yang benar juga jadi penentu hasil jepretan foto kue.

Dalam laman Expert Photography, Darina Kopcok yang merupakan penulis serta professional fotografrer makanan, memberikan saran terkait arahan cahaya ini. Menurutnya,  ada 3 jenis arah cahaya yang bisa digunakan dalam fotografi makanan: pencahayaan samping, cahaya latar (backlighting), dan cahaya latar samping.

– Pencahayaan sisi adalah ketika cahaya datang dari satu sisi. Jika kamu membayangkan wajah jam, itu jam 9 atau jam 3.

– Cahaya latar adalah ketika cahaya datang langsung dari belakang subjek, pada jam 12 siang.

– Lampu latar samping ada di antara keduanya, sekitar pukul 10 atau 11.

Baca juga: Seperti Apa Jenis Foto Makanan yang Banjir Likes di Instagram?

Arah cahaya yang ingin kamu hindari saat mengambil gambar kue adalah dari depan. Memotret makanan dari depan akan menghasilkan gambar di mana cahayanya tampak rata, dengan kurangnya bayangan.

“Ini adalah arah cahaya yang bagus untuk portrait, tetapi tidak terlalu bagus untuk fotografi makanan. Foto makanan terbaik adalah yang kontras dan berdimensi terhadap cahaya, di mana cahayanya tidak terlihat persis sama melalui seluruh bingkai,” kata Darina.

Ia menambahkan, terkait gaya pencahayaan yang kamu pilih, akan tergantung pada jenis kue yang dipotret.

Baca juga: Jawaban Fotografer Profesional Kenapa Cewek Suka Selfie Angle Atas

Jika kamu memiliki kue dengan glasir mengkilap, atau banyak tekstur di permukaan, seperti kue kelapa, kamu mungkin ingin memilih lampu latar. Ini meningkatkan tekstur dan menghasilkan kilau.

Lampu latar samping akan memberi hasil yang serupa, tetapi akan sedikit lebih mudah dikelola. Backlighting bisa lebih rumit. Terkadang bagian belakang gambar terlalu terang sedangkan bagian depan terlalu gelap.

“Kamu harus bereksperimen dengan jarak cahaya dari posisimu ke set. Bangkitkan kembali sebagian lampu ke bagian depan kue.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply