Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

7 Cara Bangun Personal Branding untuk Sukses Berkarier

Dok. Brandyourself.com

Topcareer.id – Setiap orang selalu memiliki personal branding. Personal branding merupakan cara orang melihat kamu dan bagaimana orang menggambarkanmu.

Mengutip Careerbuilder.com, Senin (28/10/2019), penting untuk menyadari personal branding demi membangun karier yang sukses.

Berikut ini cara membangun personal branding:

Tentukan brand kamu
Keluarkan selembar kertas dan tuliskan kata-kata dan nilai-nilai yang akan digunakan orang untuk menggambarkan dirimu. Jujurlah dan pilih kata-kata yang positif dan otentik tentang siapa kamu.

Miliki spesialisasi
Mengkhususkan diri dalam keterampilan yang relevan dengan bidang kamu dan bersikap vokal tentang hal itu akan membantumu menonjol di tengah banyak orang. Perusahaan menyebutnya diferensiasi. Pertimbangkan bagaimana brand kamu berbeda dari orang lain agar perusahaan berpikir mengapa perusahaan harus memilih kamu daripada orang lain.

Baca juga: Cara Tingkatkan Personal Branding lewat Media Sosial

Tulis biografi kamu
Tulis sebuah biografi pendek atau perbarui yang sudah dimiliki. Biodata kamu mungkin mencakup pendidikan, pengalaman kerja, dan penghargaan yang pernah diterima. Bio seperti ini penting bagi seorang profesional. Ini juga membantumu dalam membuat branding dirimu.

Baca juga: Deddy Corbuzier Ungkap Pentingnya Personal Branding bagi Pelaku Usaha

Buat blog
Blogging merupakan cara yang hebat, dan sering gratis, untuk menunjukkan kreativitas dan tulisan non-akademik kamu. Jika kamu tidak tertarik pada blogging, kamu masih bisa membuat situs web pribadi, menggunakan nama kamu sebagai nama domain, dan highlight keahlian serta pengalaman kamu.

Bangun skill komunikasi
Pemalu atau tidak, sangat penting untuk meningkatkan skill komunikasi saat kamu membangun personal branding. Ikuti kursus public speaking, kursus menulis, dan berlatih secara teratur. Pelajari cara menceritakan kisah hidupmu dan praktikkan.

Partisipasi di media sosial
Media sosial merupakan platform yang sempurna dan gratis untuk mempromosikan brand kamu secara positif. Kamu bisa berbagi artikel, posting blog, dan pencapaian terkait pekerjaan.

Bangun networking
Untuk membangun dan membagikan personal branding, kamu perlu membangun networking profesionalmu. Manfaatkan peluang di kota dan perusahaan kamu untuk bertemu orang baru. Kamu tidak pernah tahu bagaimana koneksi baru itu dapat membantumu. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply