Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Musim Hujan Tiba? Ini Yang Harus Kamu Perhatikan

Ilustrasi. Sumber foto: unsplash.comIlustrasi. Sumber foto: unsplash.com

Topcareer.id – Musim kemarau hampir usai. Hujan belakangan mulai mengguyur berbagai wilayah di Indonesia.

Datangnya musim hujan menyenangkan sekaligus merepotkan. Senang karena udaranya akan sejuk, tapi repot karena kamu bisa basah kuyup sesampainya di kantor.

Dilansir dari Rappler.com, Senin (28/10/2019), ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat musim hujan tiba.

Perhatikan jalan kamu
Kamu tentu sering mendengar pepatah Alon-alon asal klakon. Nah, saat hujan kamu harus mengingat kata-kata ini. Jangan sampai pulang dalam keadaan luka-luka karena tergelincir atau terjatuh.

Pastikan kamu berjalan santai. Jika kamu mengendarai sepeda motor atau mobil, perhatikan kecepatannya, jangan ngebut.


Selain itu, hujan lebat dapat menganggu penglihatan terutama pada malam hari. Jadi saat keluar, jangan lupa memakai sesuatu dengan warna yang terang seperti neon dan sebagainya. Ketika mengendarai kendaraan, jangan lupa untuk menyalakan lampunya, ya!

Bawa payung atau jas hujan
Jangan lupa untuk mempersiapkan atau membeli payung yang kuat, agar saat ada angin kencang, payungmu tidak langsung rusak. Cari payung yang dapat terbuka secara otomatis, ini akan memudahkan kamu saat tiba-tiba hujan datang.

Selain payung, kamu juga bisa menggunakan jas hujan. Carilah jas hujan yang tidak terlalu tebal dan mudah dilipat sehingga kamu bisa bawa kemana pun dengan mudah.

Jas hujan dapat menghindari tas kamu terkena basahan air hujan. Jangan lupa untuk memakai tas kerja yang anti air saat musim hujan. Sebaiknya sih, pakai tas ransel aja, supaya tangan kamu enggak ribet ketika memegang payung atau barang lainnya.

Oh ya, biar pun kamu sudah memakai tas anti air, tidak ada salahnya untuk memasukan barang-barang yang ada dalam tas kamu ke dalam plastik atau wadah yang tidak tembus air.

Jadi, bawalah 1-2 kantong plastik ekstra. Ini juga berguna untuk memisahkan barang kamu yang basah dan yang masih kering.

Siapkan pakaian ekstra
Pakaian ekstra, alas kaki, dan handuk pasti akan berguna jika kamu basah kuyup setelah terjebak hujan dalam perjalanan ke tempat kerja. Pastikan kamu selalu memiliki satu set pakaian ekstra di kantor sehingga kamu tidak perlu khawatir apa pun cuacanya.

Perhatikan sepatu yang kamu pakai
Sepatu hak tinggi, sepatu suede, atau sepatu kets putih favorit kamu mungkin bukan pilihan terbaik untuk perjalanan di saat musim hujan. Saat hujan, Anda lebih baik mengenakan sepatu boots atau sepatu kulit yang lebih tahan air.

Saat musim hujan tiba, ada kemungkinan kamu akan melewati daerah-daerah yang banjir dengan beragam penyakit yang dapat menyerang, apalagi kalau keadaan tubuh kamu sedang tidak baik.

Jadi, setelah pulang, pastikan kamu mencuci kaki dan bagian tubuh lainnya dengan bersih, ya!

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply