Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Jadi Content Writer Handal? Miliki Skills Ini

Dok. Joblike

Topcareer.id – Menjadi seorang content writer, kamu bisa memiliki fleksibilitas untuk bekerja dari rumah atau kedai kopi favorit. Dari tempat itu kamu bisa memutuskan topik apa yang ingin kamu tulis dan melihat karyamu dipublikasikan.

Tapi pekerjaan itu tidak selalu mudah. Ada skill yang kamu butuhkan untuk menjadi penulis yang hebat. Dikutip dari Constant-content.com, Selasa (29/10/2019), berikut ini skill penting perlu dimiliki oleh content writer yang baik untuk karier mereka.

Baca juga: Yuk, Intip Kerjaan Creative and Content Manager Kidzania

Kemampuan beradaptasi
Dengan mampu beradaptasi dengan cepat, konten tidak akan jadi datar. Semakin banyak gaya tulisan yang bisa kamu pelajari, semakin cepat kamu beradaptasi dan semakin berharga dirimu sebagai content writer.

Keterampilan penelitian
Penelitian yang baik merupakan kunci untuk penulisan konten yang baik. Itu menambah kredibilitas dan yang paling penting, value. Karena itu penting sekali untuk menemukan informasi yang bisa dipercaya dan menarik dari sumber yang dapat dipercaya.

Pemahaman solid tentang SEO
Content writer harus tetap mengikuti tren SEO. Bahkan konten terbaik tidak akan efektif jika pembaca tidak dapat menemukannya. Penting untuk mengetahui cara membuat judul dan deskripsi yang ramah-SEO. Gunakan kata kunci secara efektif dan ikuti perubahan algoritma terbaru Google.

Baca juga: 20 Pekerjaan Freelance yang Bakal Laris Manis di Pasaran

Keterampilan organisasi
Pengorganisasian bukan hanya tentang memiliki ruang kerja yang bersih, namun tentang mempertahankan pekerjaan penulisan yang kamu jalani. Simpan jadwal dan ketahui deadline kamu. Prioritaskan pekerjaan kamu sehingga kamu dan tim editor bisa menyelesaikan semuanya segera.

Kemampuan fokus
Menulis membutuhkan fokus yang terkadang sulit ditemukan. Ketika saatnya untuk bekerja, singkirkan gangguan dan fokus pada satu tugas pada satu waktu.

Komunikasi
Menulis merupakan bidang komunikasi, jadi tidak ada alasan untuk tidak berhubungan dengan klien dan tim kamu jika ada masalah.

Skill editing
Keterampilan mengedit sebuah tulisan membutuhkan kesabaran, disiplin dan mata yang baik untuk detail. Selain tata bahasa, ejaan, dan tanda baca, perhatikan poin-poin yang berlebihan dan kata-kata yang terlalu sering digunakan. Tidak mengherankan jika kamu menghabiskan lebih banyak waktu mengedit daripada menulis.

Berikan kualitas
Lakukan yang terbaik untuk membuat konten unik berkualitas, buat artikel kamu menarik dengan tata bahasa benar.

Tetap up to date
Kamu mungkin penulis hebat, tetapi jika kamu tidak mengikuti tren terbaru, peluang kerjamu akan terbatas. Bergabunglah dengan komunitas menulis, tingkatkan profil online kamu dan pertahankan kehadiran aktif di beberapa platform sosial media. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply