Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini yang Diperlukan untuk Jadi Web Developer Sukses

Dok. Career Foundry

Topcareer.id – Bekerja di bidang pemrograman tidak mudah. Sebagai seorang web developer, misalnya, sangatlah penting untuk membuat situs web sesuai spesifikasi yang diinginkan klien, memenuhi tenggat waktu, dan yang paling penting memastikan bos atau klien suka hasil kerjamu.

Kendati begitu, pekerjaan ini menantang. Dan ini jenis pekerjaan yang akan abadi untuk waktu yang lama. Seorang web developer jempolan dicari dan diiming-imingi gaji tinggi.

Dikutip dari Coder-coder.com, Rabu (30/10/2019), berikut ini cara menjadi web developer yang baik.

Pahami, untuk menguasai sesuatu harus bertahap dan berkelanjutan.
Web developer merupakan bidang yang luas, dan seperti keterampilan lain, perlu waktu untuk menguasainya. Jelas kamu harus selalu ingin belajar. Kuasai skill dasarnya seperti HTML & CSS, Javascript, photoshop, PHP, MySQL, dan program pendukung lainnya.

Berusaha maksimal mengerjakan sendiri dulu.
Saat mendapat tugas atau proyek, cobalah berusaha sendiri dulu, lihat sampai dimana kemampuanmu. Lakukan riset hingga mencapai titik maksimal. Setelah itu kamu bisa mulai bertanya dan meminta bantuan. Meneliti dan menguji sendiri akan membantu kamu mempelajari cara menyelesaikan masalah sendiri. Ini baik bagi perkembangan kariermu.

Tetap penasaran
Keinginan untuk memahami bagaimana segala sesuatunya bekerja merupakan inti dari seorang engineer. Biarkan rasa ingin tahumu memenuhi keinginan itu. Jika kamu mencari cara untuk melakukan sesuatu, jangan berhenti begitu kamu menemukan jawabannya. Saat kamu tidak dikejar deadline, luangkan beberapa menit ekstra untuk memahami mengapa coding kamu tadi tidak bekerja dan mengapa sekarang bisa. Tidak masalah untuk tidak paham 100 persen. Setidaknya pahami konsepnya.

Tingkatkan problem solving skill
Saat kamu melihat ada sesuatu yang tidak beres pada web programming kamu, coba lakukan lihat kembali dan analisis situasi yang tidak optimal itu, cari tahu apa yang terjadi, dan pikirkan langkah-langkah yang dapat dilakukan. Menemukan dan memperbaiki masalah dalam coding akan lebih rumit. Debug code penanganan masalahnya bisa membuat frustasi. Ini bagian terburuk dari web developer. Namun, sisi baiknya ketika kamu menemukan solusi itu, kamu akan merasa luar biasa. Dan ini bagian terbaik dari web developer.

Jadilah proaktif, bukan reaktif
Karyawan reaktif akan melakukan pekerjaan yang diminta tetapi tidak akan melakukan lebih dari itu. Jika terjadi kesalahan mereka akan memperbaikinya tetapi mereka tidak akan berpikir untuk mencegah masalah ini berulang. Sebaliknya, karyawan proaktif tidak hanya menyelesaikan tugasnya. Ketika terjadi kesalahan mereka akan menganalisis dan membuat perubahan sehingga tidak akan terjadi lagi. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply