Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tanda-tanda Kamu Seorang People Pleaser

Ilustrasi. Sumber foto: aconsciousrethink.comIlustrasi. Sumber foto: aconsciousrethink.com

Topcareer.id – Bagi banyak orang, keinginan untuk menyenangkan orang lain berasal dari masalah harga diri. Mereka berharap untuk diterima dan disukai.

Orang yang terbiasa tidak enak hati demi menyenangkan orang lain biasanya enggan untuk menolak permintaan bantuan seseorang. Akibatnya, mereka membiarkan orang lain mengambil keuntungan dari mereka.

Kebiasaan ini bisa menjadi masalah dan sulit dihilangkan. Mengutip psychologytoday.com, Kamis (31/10/2019), berikut tanda-tanda bahwa kamu terlalu berusaha menyenangkan orang lain.

Sering pura-pura setuju dengan semua orang
Mendengarkan dengan sopan pendapat orang lain bahkan ketika kamu tidak setuju merupakan keterampilan sosial yang baik. Tetapi berpura-pura setuju karena kamu ingin disukai bisa menyebabkan kamu terlibat dalam perilaku yang bertentangan dengan value diri kamu.

Merasa bertanggung jawab atas perasaan orang lain
Mengenali bahwa bagaimana perilaku kamu bisa memengaruhi orang lain itu baik. Tapi jika berpikir kamu memiliki kekuatan untuk membuat seseorang bahagia, itu merupakan masalah. Pahami bahwa masing-masing individu bertanggung jawab atas emosi mereka sendiri.

Sering minta maaf
Terlalu sering minta maaf bisa menjadi pertanda masalah yang lebih besar. Kamu tidak perlu menyesal karena menjadi diri sendiri.

Baca juga: Aksi Kocak Pencuri: Nonton Film Porno, Masak Mie Instan, hingga Minta Password Wi-Fi

Tidak bisa mengatakan tidak
Apakah kamu mengatakan ya pada orang lain dan kemudian benar-benar menindaklanjutinya, atau justru kemudian memalsukan rasa sakit hati dan memendamnya? Kamu tidak akan pernah mencapai tujuan jika kamu tidak bisa jujur pada diri sendiri.

Merasa tidak nyaman jika seseorang marah
Hanya karena seseorang marah, bukan berarti kamu melakukan kesalahan. Terus merasa seperti ini bisa berbahaya pada harga dirimu.

Perlu pujian untuk merasa baik
Jika harga diri kamu sepenuhnya bergantung pada apa yang dipikirkan orang lain tentangmu, kamu hanya akan merasa senang ketika orang lain memberimu pujian.

Berusaha keras menghindari konflik
Selalu berusaha menghindari konflik dengan segala cara berarti kamu akan berjuang untuk membela perasaan orang lain.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply