Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tiga Cara Simpel Biar Tidur Malammu Berkualitas

Harvard Health

Topcareer.id – Kualitas tidur malam yang buruk bisa membuat stress, merusak fisik dan mental, serta tentunya menngganggu kinerja dalam tugas sehari-hari. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa langkah yang bisa diikuti agar kualitas tidur terpenuhi.

James Wilson, pendiri The Sleep Lab (sebuah perusahaan yang membantu bisnis mengembangkan produk dan layanan untuk memecahkan masalah tidur) berbagi tiga langkah yang bisa dilakukan siapapun untuk membantu mencegah kurang tidur.

Baca juga: Hal produktif yang Bisa Dilakukan Sebelum Tidur

Hilangkan stres dari tidur

Menurut Wilson, memisahkan stres dari tidur adalah kunci untuk mendapatkan istirahat malam yang penuh. Tetapi ini akan terasa sulit bagi mereka yang pesimis dengan harapan bahwa malam ini sulit tidur lagi.

“Kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah mencoba memaksanya. Jika kamu berada di tempat tidur selama lebih dari 30 menit, bangun dan dengarkan radio, baca buku, atau gunakan aplikasi meditasi, lalu coba lagi,” kata Wilson kepada CNBC.

Wilson juga merekomendasikan untuk bersikap terbuka tentang masalah apapun yang mungkin kamu alami dengan tidur. “Semakin banyak kamu berbicara tentang hal itu, hilangkan stres dari proses tersebut dan rileks, semakin banyak tidur yang kamu dapatkan,” katanya.

Baca juga: Insomnia? Jangan Makan dan Minum Ini Menjelang Tidur

Berkomitmen pada rutinitas

Wilson mengatakan, sangat penting untuk konsisten dengan waktu bangun tidak peduli seberapa menggoda untuk tidur di akhir pekan. “Waktu bangun yang konsisten mendorong waktu tidur yang konsisten,” katanya.

Tetapi yang tak kalah penting adalah mengetahui kapan harus tidur. Berusaha tidur terlalu awal atau terlambat dapat mengganggu rutinitas alami tubuhmu. “Cara terbaik untuk memulai adalah mengidentifikasi tipe tidur seperti apa kamu?. Apakah burung hantu, burung berkicau (pagi), atau tengah-tengah?”

Wilson mendefinisikan “larks” (burung berkicau) sebagai tidur antara jam 8 malam dan jam 10 malam. Sementara “burung hantu” tidur setelah jam 11 malam. Dia mencatat bahwa orang-orang sering mengikuti orangtua mereka jika terkait tipe tidur.

Baca juga: Berapa Lama Orang Sukses Tidur?

Relaks

Memiliki “rutinitas berliku” sama pentingnya dengan menjalani rutinitas tidur, menurut Wilson. Satu hal besar yang dapat kamu lakukan adalah duduk di sofa dan siap untuk tidur. Jadi begitu kamu merasa mengantuk, kamu bisa langsung tidur.

Wilson mendesak orang-orang yang bermasalah untuk memastikan semua pekerjaan mereka selesai sebelum mereka mulai relaks. “Jangan lakukan hal-hal seperti mengeluarkan hewan peliharaan atau melipat cucian tepat sebelum tidur,” katanya. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply