Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bos Buat Kesalahan? Coba Kamu Lakukan Hal Ini

Dok. iStock

Topcareer.id – Bila kamu tahu bos melakukan sebuah kesalahan, apa yang kamu perbuat? Mengatakan atasan kamu melakukan hal yang salah, bisa menjadi hal yang rumit dan menakutkan.

Namun, untuk beberapa alasan mereka harus tahu kapan mereka salah atau membuat kesalahan. Tapi kamu pasti tidak ingin dicap sok tahu dan tidak ingin membuat atasan kamu merasa terhina dari ucapan kamu, ‘kan?

Dilansir dari Businessinsider.com, Senin (4/11/2019), sebelum kamu mengatakan bos melakukan kesalahan, tanyakan pada dirimu sendiri seberapa penting kesalahan itu sehingga kamu harus mengatakannya.

Baca juga: Perbedaan Antara Bos Biasa dan Bos Luar Biasa

Jika kesalahan itu kecil dan tidak merugikan perusahaan, tidak ada gunanya kamu mengatakannya. Kamu hanya akan menghancurkan hubungan kamu dengan atasan. Tapi jika kesalahannya dapat merugikan perusahaan dan bisa membuat atasan kamu dipermalukan di depan umum, mungkin ada baiknya kamu memberitahu kesalahannya itu, namun dengan cara yang benar ya.

Dan jika memang benar atasan kamu membuat kesalahan, jangan sekali-kali kamu memberitahuhkannya di depan orang lain. Pikirkan baik-baik tentang kapan dan bagaimana kamu ingin memberi tahu sang bos bahwa mereka telah membuat kesalahan atau salah tentang sesuatu hal. Bicarakan hal itu secara pribadi.

Selain itu, sebaiknya kamu memberitahunya dalam bentuk saran bukannya pernyataan dan cobalah untuk menawarkan solusi. Daripada hanya menunjukkan kesalahan, tawarkan solusi yang paling memungkinkan untuk mencari jalan keluarnya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply