Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Awas, Bahaya Terlalu Meragukan Diri Sendiri

Dok. Lifehack

Topcareer.id – Bagi orang yang bisa mengontrol hal negatif, keraguan diri bisa diubah menjadi hal yang menguntungkan dan berdampak baik. Banyak ahli telah menulis secara luas tentang cara mengatasi momok keraguan diri ini.

Keraguan diri bisa memberikan efek positif bila pandai mengelolanya. Namun bagi sebagian orang keraguan diri bisa menimbulkan masalah produktivitas di tempat kerja dan berbahaya bagi kesehatan.

Melansir lifehack.org, Jumat (01/11/2019) lalu, berikut ini ada beberapa bahaya keraguan diri yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Keputusan Genting Harus Dibuat? Ini 6 Cara Mengambil Risiko yang Perlu Kamu Miliki

Keraguan diri melemahkan dirimu
Keraguan diri menjadi sangat berbahaya bagi kamu ketika memaksamu mencari alasan mengapa kamu masih tidak bergerak maju atau tidak mencapai tujuan. Masalah mencari alasan ini bisa membuatmu kehilangan nilai di mata orang lain. Sebagian besar orang paling berani dan paling sukses saat ini tidak membutuhkan siapa pun untuk mendorong mereka dengan alasan apapun. Mendapat alasan dan dukungan yang membuat kamu menerima kegagalan bisa menghancurkan dirimu.

Keraguan diri menciptakan banyak penundaan
Keraguan diri sering menjadi alasan orang untuk menunda-nunda. Awalnya penundaan mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi ketika keraguan diri mulai merambat dan kamu secara konsisten jadi sering menunda sesuatu, ini bisa memusnahkan produktivitasmu dalam bekerja.

Baca juga: Selalu Bingung Saat Ambil Keputusan? Ikuti Tips Ini Agar Tak Salah

Keraguan diri membuatmu mengasihani diri sendiri
Ketika kamu gagal pada sesuatu, wajar untuk merasa emosional tentang hal itu. Tapi ketika itu berlebihan akan membuatmu memberikan ruang untuk keraguan diri. Kamu akan membiarkan emosi mengambil kendali untuk mengasihani dirimu sendiri terus menerus sehingga kamu ragu untuk bergerak maju lagi.

Keraguan diri membunuh perkembangan diri
Ketika kamu tidak bisa mengatasi keraguan diri untuk membalikannya menjadi hal positif, kamu akan mulai meragukan kemampuanmu untuk mencapai impian dan memenuhi keinginanmu, secara sadar kamu sudah mencegah diri dari mengalami pertumbuhan.

Baca juga: Lakukan Hal Ini untuk Meningkatkan Performa Karyawan

Keraguan diri menghambat kreativitas
Kreativitas membantu kamu menciptakan hal-hal paling berharga yang dikagumi dan bekerja keras untuk mencapai impianmu. Tetapi keraguan diri akan secara efektif menutup kemampuan untuk berpikir kreatif. Keraguan diri membuat kamu mempertanyakan rasionalitas di balik ide-ide kamu dan mencegah kamu untuk berani dalam menunjukkan ide-ide paling kreatif dari kamu.

Keraguan diri sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Tapi, keraguan diri tidak boleh diberikan kekuatan untuk menentukan dirimu.

Dengan mengenali bahaya keraguan diri, kamu bisa melawan dampak buruknya dengan lebih mudah.*

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply