Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bagaimana Cuaca Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan?

Dok. Josh Haner/The New York Times

Topcareer.id – Produktivitas karyawan salah satu faktor terpenting bagi sebuah bisnis untuk menjadi sukses dan menguntungkan. Para pengusaha ingin keryawan mereka menyelesaikan pekerjaan dengan efktif.

Namun, ternyata ada banyak elemen lho yang mempengaruhi produktivitas karyawan. Salah satunya adalah cuaca.

Cuaca dapat menciptakan suasana hati yang berbeda pada tiap-tiap orang. Sangat sulit untuk mengetahui apakah seseorang akan menjadi lebih produktif pada cuaca hujan atau cerah.

Baca juga: Musim Hujan Tiba? Ini Yang Harus Kamu Perhatikan

Musim hujan
Saat hari mulai terasa gelap dan hujan turun, secara umum itu dapat berdampak negatif pada suasana hati. Akibatnya, beberapa karyawan menjadi tidak produktif dan cenderung telat datang ke kantor dan pulang lebih awal karena lalu lintas yang semakin padat ketika musim hujan tiba.

Namun, pengusaha bisa meningkatkan motivasi karyawan dengan sedikit memberikan makanan atau minuman hangat, ini akan menghibur dan membuat mereka merasa bahwa mereka dihargai.

Akan tetapi dengan datangnya musim hujan ada juga lho karyawan yang menjadi betah di kantor. Hal ini lantaran mereka malas untuk keluar dan lebih memilih untuk melanjutkan atau menyelesaikan pekerjaan sambil menunggu hujan reda atau berhenti.

Cuaca cerah
Saat cuaca cerah biasanya suasana hati karyawan bersemangat dan lebih senang, sehingga karyawan akan menjadi lebih produktif. Hal ini karena sinar matahari dapat membawa aura positifan. Dengan demikian, karyawan akan melakukan tugas dengan lebih baik lagi.

Namun, saat cuaca berubah menjadi sangat panas, ini mungkin dapat berdampak negatif pada produktivitas karyawan. Karena saaat cuaca panas tentu tubuh kamu akan terus berkeringat dan ini membuat tidak nyaman dan fokus pada pekerjaan.

Solusinya, perusahaan dapat menawarkan suguhan makanan dan minuman setelah jam kerja untuk membuat karyawan lebih termotivasi.

Musim dingin
Jenis cuaca ini umumnya memengaruhi karyawan yang bekerja di daerah pegunungan. Biasanya pada kondisi seperti ini, akan ada banyak karyawan yang izin karena sakit. Saat musim dingin biasanya matahari akan tebenam sekitar jam 4 sampai 5 sore, sehingga karyawan akan bergegas pulang dan meninggalkan kantor lebih awal. Sebaiknya selama musim dingin, pengusaha dapat memberikan jam kerja yang fleksibel sehingga karyawan dapat menyesuaikan diri. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply