Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Menganggur Juga Bisa Tetap Produktif, Begini Caranya

Dok. Reader's Digest

Topcareer.id – Tidak bisa dipungkiri kini kian sulit bagi banyak orang untuk mencari pekerjaan. Sejumlah orang kini tengah menganggur. Mungkin kamu salah satunya.

Meskipun kamu tidak mungkin mengendalikan pengangguran, kamu bisa mengontrol bagaimana bereaksi terhadapnya.

Dalam kondisi sulit, selalu ada cara untuk tumbuh dan tetap berharap walaupun kamu sedang berjuang mencari pekerjaan. Mengutip Lifehack.org, Selasa (05/11/2019), hal berikut ini akan membuatmu tetap sibuk dan produktif saat menganggur.

Baca juga: Ada Isu PHK? Selamatkan Diri Kamu dengan 5 Tips Ini

Tetap jadwalkan kegiatan
Tidak apa-apa untuk mengambil beberapa hari untuk bersantai setelah resign dari pekerjaan, tetapi cobalah untuk tidak merasa terlalu nyaman. tetap menjadwalkan aktivitas merupakan salah satu cara untuk tetap produktif dan fokus. Saat menganggur jika kamu terus memulai hari lebih awal, kamu lebih cenderung menyelesaikan lebih banyak tugas. Menjalani tugas sehari-hari membuat kamu kecil kemungkinan untuk depresi.

Freelance atau magang
Salah satu cara termudah untuk menjembatani kesenjangan antara pekerjaan dan menganggur adalah menemukan pekerjaan sementara seperti freelance atau magang pada bidang yang menarik dan kamu kuasai.

Bekerja online
Opsi hebat lainnya jika kamu menganggur adalah pekerjaan online. Banyak situs menawarkan berbagai cara untuk menghasilkan uang secara online, tetapi pastikan situs tempat kamu bekerja memiliki reputasi baik.

Baca juga: Apa Beda Dipecat dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)?

Tetap terorganisir
Lakukan pembersihan rumah dan rapikan, singkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan lagi. Hidup terorganisir pada banyak hal akan membantu kamu menghabiskan waktu secara produktif.

Berolahraga
Olahraga membantu kamu tetap positif dan termotovasi. Jika kamu menjaga diri sendiri, kamu bisa memanfaatkan waktu ekstra ini sebaik-baiknya.

Relawan
Menjadi sukarelawan baik untuk dilakukan untuk mengisi waktu ekstra saat menganggur. Selain itu, jika kamu menjadi sukarelawan di bidang yang terkait dengan kualifikasi pekerjaanmu, kamu bisa menyertakan pengalaman di resume kamu. Tidak hanya itu, berbuat baik juga pendorong suasana hati yang baik dan akan membantumu tetap optimis sambil mencari pekerjaan berikutnya.

Baca juga: Bikin Kesalahan di Kantor? Lakukan Hal Ini Agar Tak Dipecat

Tingkatkan ketrampilan
Cari cara untuk meningkatkan keterampilan kerja sementara kamu masih menganggur. Ambil sertifikasi atau pelatihan terutama yang ditawarkan secara gratis. Ini bisa memperkaya CV kamu dalam melamar pekerjaan baru.

Sayangi dirimu
Pengangguran memang melelahkan, jadi jangan lupa untuk memperhatikan dirimu sendiri sesekali. Ambil waktu istirahat yang wajar dari hunting pekerjaan mingguan. Membiarkan diri beristirahat akan memaksimalkan produktivitasmu selama jam-jam mencari pekerjaan.

Lihat apa yang bisa dijual
Jual harta bendamu yang sudah tidak terpakai oleh kamu namun masih layak pakai. Kamu bisa gunakan aplikasi penjualan seperti bukalapak atau sejenisnya, tetapi penjualan secara tradisional dengan membuka garage sale juga merupakan pilihan baik. Dari hasil penjualan kamu bisa memiliki uang untuk bertahan hidup selama menganggur. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply