Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ternyata Emoji Smiley Dapat Merusak Karir Kamu, Lho

Dok. Sony Pictures

Topcareer.id – Tersenyum memang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan bisa mencairkan suasana yang kaku. Tapi apa jadinya ya kalo senyum yang dimaksud berupa emoji yang kamu kirimkan melalui email kerja? Hati-hati, hal itu ternyata dapat membunuh karir kamu, lho.

Hm, kenapa memangnya?

Seperti sebuah penelitian yang diungkapkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science, bahwa menyisipkan emoji di email kerja dapat membuat kamu terlihat tidak kompeten.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ella Glikson, Arik Cheshin dan Gerben A. van Kleef “Bertentangan dengan senyum yang sebenarnya (tatap muka), emoji smiley tidak meningkatkan persepsi kehangatan dan benar-benar menurunkan persepsi kompetensi.”

Baca juga: 5 Alasan Media Sosial Bisa Menghambat Karier Kamu

Kamu mungkin berpikir menyisipkan emoji smiley dalam email kerja baik untuk rekan kerja maupun atasan akan membuat kamu terlihat bersahabat dan kaku. Namun hal itu berbading terbalik apabila rekan kerja atau atasan kamu berpikir kamu sangat tidak kompeten dengan mengirimkan emoji smiley sehingga mereka memilih untuk tidak berbagi informasi ataupun diajak bekerja sama. Bukankah hal itu bisa menghambat pekerjaan dan karir kamu?

Budaya tempat kerja formal, biasanya tidak menganjurkan jenis hal ini. Jadi cobalah untuk tidak pernah menggunakan emoji smiley ketika berkomunikasi dengan seseorang yang jabatannya berada diatas kamu. Dengan begitu kamu akan selalu dianggap profesional dan kompeten. Tunjukan bahwa kamu bisa profesianal baik saat bertemu secara langsung ataupun melalui media lainnya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply