Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Belum Juga Dapat Pekerjaan? Lakukan 5 Hal Ini

Ilustrasi. Sumber foto: Money CrashersIlustrasi. Sumber foto: Money Crashers

Topcareer.id – Motivasi kamu untuk mencari pekerjaan mungkin akan habis. Saat kamu sudah berusaha sekeras mungkin mencari pekerjaan namun tidak kunjung mendapat berita baik, hal ini bisa membuat kamu frustasi.

Dilansir dari Jobstreet.com, Rabu (6/11/2019), berikut 5 hal yang perlu kamu lakukan agar kamu termotivasi di tengah rasa frustasi berburu pekerjaan.

Memiliki tujuan yang jelas dan spesifik
Cobalah untuk membuat catatan tentang tujuan karier kamu dengan jelas dan spesifik. Misalnya, pekerjaan ideal apa yang kamu inginkan, apa yang ingin kamu lakukan, berapa gaji dan bonus yang akan kamu dapatkan, serta budaya kerja seperti apa yang cocok denganmu.

Ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sulit untuk dijawab, tapi semakin jelas dan spesifik tujuan kamu, maka semakin mudah bagi kamu untuk mendapatkannya.

Kembangkan jaringan profesional kamu
Siapa yang kamu kenal terkadang lebih penting dibandingkan apa yang kamu ketahui. Cobalah untuk terlebih dahulu mendapatkan referensi dan rekomendasi dari keluarga atau kerabat dekat daripada hanya mengirimkan lamaran ke perusahaan yang belum kamu ketahui sebelumnya.

Mintalah bantuan mereka untuk menyebarkan CV kamu ke perusahaan mereka, atau pun perusahaan yang mereka kenal. Cobalah datang ke pertemuan-pertemuan pada industri yang sama untuk meningkatkan jaringan profesional kamu. Kamu tidak akan pernah tahu siapa yang akan kamu temui dan apa yang akan terjadi setelah pembicaraan itu.

Lakukan olahraga secara rutin
Kamu belum berolahraga secara teratur? Inilah saatnya untuk memulai. Selain bermanfaat untuk kesehatan, berolahraga juga dapat melepaskan hormon endorfin ke dalam sistem tubuh dan membuat kamu merasa lebih berenergi dengan dipenuhi perasaan senang.

Jika kamu merasa sangat frustrasi atau tertekan, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk berlatih tinju atau bela diri untuk mengatasi frustrasi tersebut. Mungkin kamu akan merasa jauh lebih baik setelah memukul samsak selama satu jam.

Dapatkan saran dan kritik yang membangun
Jika kamu memiliki teman di posisi manajerial, cobalah minta mereka memberikan saran dan kritik yang membangun terhadap resume kamu. Sehingga kamu tahu di mana kesalahan kamu dan bisa segera memperbaikinya. Hal itu dapat memberikan peluang yang lebih baik untuk kamu.

Ubah strategi
Setelah kamu sudah melakukan 4 poin di atas dan belum membawakan hasil. Sekarang saatnya untuk mengubah strategi kamu. Terakhir, cobalah meminta pendapat dari mereka yang berpengalaman dalam perekrutan mengenai pencarian kerja kamu. Mintalah saran dalam menulis resume, proses seleksi pekerjaan, atau gaya saat wawancara.

Kuncinya adalah jangan malu meminta bantuan dan berusaha untuk mencoba berbagai strategi. Jangan terus melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda, karena itu tidak akan terjadi.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply