Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Insomnia? Obati dengan Mandi di Malam Hari

Ilustrasi. Sumber foto: AskmenIlustrasi. Sumber foto: Askmen

Topcareer.id – Apakah kamu sering mandi malam setelah melakukan aktivitas di siang hari? Bagi yang menderita insomnia, para ahli menyarankan melakukan itu demi kesehatan. Ini mungkin merupakan salah satu kebaikan yang bisa diambil dari mandi malam.

Dr. Janet K. Kennedy, seorang psikolog klinis dan sleep expert di New York menyarankan kepada penderita insomnia untuk mandi di malam hari, sekitar 90 menit sebelum tidur. 

“Tubuh secara alami mendingin saat mendekati tidur, selaras dengan ritme sirkadian. Mandi secara artifisial meningkatkan suhu lagi dan memungkinkan pendinginan lebih cepat, yang tampaknya mempercepat tidur,” kata Dr. Janet dalam laman New York Times.

Lebih lanjut ia mengatakan, mandi juga merupakan cara yang baik untuk melepas lelah dan melepaskan ketegangan otot sehingga bisa membantu tidur.

Tapi, kata dia, jangan senang dulu, karena mandi beruap atau menguras pemanas air berlama-lama dapat merusak kulit.

Baca juga: Kesalahan Sepele yang Bikin Headphone Cepat Rusak

Gary Goldenberg, seorang dokter kulit di New York dan seorang profesor di Sekolah Kedokteran Icahn di Mount Sinai, merekomendasikan mandi maksimal 5-10 menit dengan air hangat.

“Mandi air panas cenderung mengambil minyak dari kulitmu, dan cenderung mengiritasi kulit. Semakin lama kamu berada di air, semakin tinggi kemungkinannya mengeringkan kulit. Itu berlaku untuk pemandian juga,” katanya.

Meskipun tidak ada manfaat lingkungan yang intrinsik untuk mandi di pagi atau malam hari, beberapa penyedia listrik seperti Con Edison di New York telah mengurangi tarif untuk penggunaan malam hari. 

“Jika air dipanaskan menggunakan listrik, mungkin ada peluang untuk tagihan listrik yang lebih rendah,” kata Ms. Dickinson.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply