Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Trik Keluar dari Jeratan Utang Walau Gaji Kecil

Dok. Lifehack

Topcareer.id – Hidup itu brutal. Banyak perusahaan menggaji karyawannya di bawah standar tanpa peduli jika karyawannya sudah memiliki banyak pengalaman kerja.

Hal ini sering memicu karyawan membuat hutang demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Kreditor bahkan lebih brutal dan tanpa ampun. Mereka tidak akan membiarkan orang hidup damai tanpa melunasi utangnya.

Banyak orang kehilangan harapan untuk keluar dari utang karena kecilnya gaji mereka. Tapi siapa bilang harus mendapat gaji besar untuk keluar dari hutang?

Mengutip millionairedojo.com, Rabu (06/11/2019), berikut ini trik untuk keluar dari utang walau bergaji kecil.

Ubah gaya belanja

Kebiasaan belanja yang positif membantu mengurangi utang secara substansial. Ini tidak mudah tapi bisa dilakukan. Kurangi makan di restoran mahal dan cobalah untuk hidup tanpa belanja barang mewah yang tidak dibutuhkan. Miliki diet yang sehat, bergizi, dan murah.

Side job

Tidak peduli berapa banyak yang kamu hemat dengan mengurangi pengeluaran gaya hidup, itu belum cukup membantumu keluar dari utang. Kamu harus cari cara baru untuk menghasilkan uang. Ambil side job atau part time job seperti freelance di akhir pekan untuk meningkatkan penghasilan bulanan.

Negosiasi dengan kreditor untuk turunkan bunga

Hubungi kreditor dan ajukan permohonan dengan baik pada mereka untuk mengurangi suku bunga atau total utang. Jelaskan dengan fakta dan bukti bahwa tidak mungkin untuk melunasi hutang sepenuhnya dengan penghasilan rendah kamu. Kadang-kadang kreditor juga menawarkan program bantuan ketika mereka melihat dengan bukti bahwa debitor memiliki pendapatan yang sangat rendah. Cobalah penuhi syaratnya agar kamu bisa mendapat cicilan lebih terjangkau.

Tentukan pemicu pengeluaran

Misalnya, pemicu pengeluaran kamu adalah kebosanan. Setiap kali kamu bosan, kamu langsung pergi ke mal. Semua pemicu ini membuatmu menghabiskan uang.

Cobalah cari alternatif lain dalam mengobati kebosanan. Pastikan hal ini tidak mengganggu fokusmu melunasi utang.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply