Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Sisi Positif Self-Doubt yang Baik Bagi Perkembangan Karier Kamu

Dok. Fashioners

Topcareer.id – Semua orang pasti pernah mengalami keraguan diri atau self-doubt. Merasa tak sanggup melakukan beban pekerjaan atau menolak proyek dari atasan karena merasa tak sanggup mengerjakannya dengan baik.

Meragukan diri sendiri tentu bisa berpengaruh pada karier. Secara umum, sikap seperti ini sebaiknya dihindari. Ada banyak saran bagus tentang cara untuk menaklukkan keraguan diri.

Kendati begitu, tak selamanya meragukan diri sendiri merupakan hal negatif. Semua kembali pada bagaimana kamu memandang keraguan tersebut.

Baca juga: Seberapa Pemarah Kamu? Ini Ukurannya

Mengutip Themuse.com, sebelum kamu coba menyingkirkan perasaan ragu akan diri sendiri, coba lihat lebih dalam dan temukan ada kebaikan dari mengalami sebuah keraguan.

Keraguan diri bisa memotivasi untuk terus belajar dan berkembang
Meragukan diri sendiri sesekali membuat kamu ingin terus menjadi diri sendiri yang lebih baik. Keraguan diri membuat kamu banyak berpikir dan memacu kamu melakukan lebih banyak usaha atau mengambil beberapa pelatihan tambahan. Pada akhirnya membuat kamu jadi merasa percaya diri dan maju dalam karier. Dan yang lebih baik lagi, bisa jadi membuka pintu pada penemuan bidang baru yang mungkin bisa lebih kamu nikmati.

Keraguan diri bisa membuat rendah hati
Keraguan diri mendorong kamu untuk melihat semua sisi situasi. Kamu akan mempertimbangkan opsi di luar keahlianmu. Kamu menyadari bahwa kamu akan membuat kesalahan dan tidak mengetahui hal-hal tertentu. Kesadaran diri serta kejujuran seperti ini membuat kamu menjadi seseorang yang rendah hati dan bisa dipercaya, diandalkan, dan merasa nyaman bekerja dengan kamu. Lagipula, tidak ada yang suka bekerja dengan seorang yang terlalu pede berlebihan.

Baca juga: Awas, Bahaya Terlalu Meragukan Diri Sendiri

Keraguan diri bisa memacu sesuatu yang lebih baik
Jika kamu merasa ragu tentang sesuatu, mungkin saja kamu mengerjakan sesuatu yang tidak memenuhi syarat untuk dilakukan atau keraguan kamu bisa berarti kamu berada dalam peran yang salah. Mengetahui hal ini mendorong kamu untuk mengambil tindakan dan memperbaikinya.

Keraguan diri membuat percakapan yang jujur dan transparan
Jika kamu meragu pada diri sendiri, ini bisa memacu percakapan yang sangat dibutuhkan dengan atasan kamu tentang lintasan kariermu. Mungkin dia memberi kamu tugas berat yang menyebabkan kamu merasa cemas. Diskusi yang terbuka dan jujur ​​akibat dorongan dari keraguan dirimu mendorong keyakinan pada kemampuanmu untuk mengatasi rasa takut dan menjadi dorongan yang kamu butuhkan untuk bergerak maju. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply