Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Karier Berdasarkan Kepribadian (Sanguine, Phlegmatic, Choleric, Melancholic)

Dok. Utica College

Topcareer.id – Sudah banyak panduan tentang pilihan karier berdasarkan zodiak. Beberapa merasa ada kecocokan dan ada sebagian yang tidak. Bagi kamu yang merasa kurang cocok, coba ambil tes kepribadian dan pilih karier berdasarkan hasilnya.

Salah satu defenisi kepribadian dirumuskan Gordon W.Allport yaitu suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik indvidu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran indvidu secara khas.

Terjadinya Interaksi psiko-fisik mengarahkan tingkah laku manusia. Maksud dinamis pada pengertian tersebut adalah perilaku mungkin saja berubah-ubah melalui proses pembelajaran atau melalui pengalaman-pengalaman, reward, punishment, pendidikan dsb.

Baca juga: Gaya Pakaian Kerjamu Tunjukkan Kepribadian

Tipe-tipe kepribadian manusia kemudian dibagi ke dalam empat jenis: sanguine, choleric, melancholic, dan phlegmatic. Untuk mengetahui kamu termasuk tipe yang mana, kamu bisa ambil tes kepribadian.

Melansir Thechoicedrivenlife.com, berikut ini karier yang cocok berdasarkan personality kamu.

Sanguine (Antusias, aktif, sosial)
Type Sanguine yang ceria memperkaya dunia dengan karisma alami mereka. Sanguine biasanya menghasilkan tenaga marketing yang luar biasa. “Dia bisa menjual lemari es ke Eskimo.” Selain pandai dalam penjualan, Sanguine juga menjadi aktor yang baik, penghibur, dan pengkhotbah. Mereka ahli memimpin upacara dan kadang-kadang pemimpin yang luar biasa.

Di bidang membantu orang, Sanguine unggul sebagai pekerja rumah sakit. Ketika perawat atau dokter Sanguine masuk ke ruangan dengan kepribadiannya yang ceria, semangat pasien bisa terangkat. Sanguine tidak pernah moderat tentang apa pun. Mereka memilih karier yang memungkinkan mereka terpapar secara luas kepada orang-orang.

Baca juga: Ingin Jadi Freelancer Sukses? Miliki Tipe Kepribadian Ini

Choleric (Gerak cepat, pemarah)
Choleric mungkin mempertimbangkan karir yang membutuhkan kepemimpinan, motivasi dan produktivitas. Mereka tidak memerlukan terlalu banyak perhatian pada perincian dan perencanaan analitis. Mereka biasanya menikmati pekerjaan konstruksi, karena sangat produktif, dan akan sering berakhir menjadi mandor atau pengawas proyek.

Sebagian besar pengusaha adalah Choleric. Merupakan hal yang bijaksana untuk dilakukan bagi Choleric menjalin kemitraan bisnis atau menyewa asisten yang Melancholic. Bersama-sama mereka akan membuat tim yang tidak ada duanya. Choleric itu motivator alami orang lain. Kelemahan orang Choleric mereka sulit untuk menyenangkan dan cenderung kasar pada orang.

Baca juga: Yuk Perbaiki Penampilan di Tempat Kerja, Begini Caranya

Melancholic (Analitis, bijak, tenang)
Sebagian besar komposer, seniman, musisi, penemu, filsuf, teolog, dan pendidik hebat di dunia didominasi oleh Melancholic. Hampir setiap musisi sejati memiliki temperamen Melancholic, apakah ia seorang komposer, artis perform, atau solois.

Di atas panggung mereka bisa mengadopsi kepribadian lain, tidak peduli berapa banyak ekstroversi yang dibutuhkan, tetapi begitu permainan selesai, ia kembali ke kepribadian introvertnya sendiri. Banyak melankolis bekerja dalam seni, menjadi pengrajin berkualitas tinggi, ilmuwan, ahli hortikultura, mekanik, insinyur, dan profesi lain yang memberikan layanan yang bermakna bagi kemanusiaan.

Baca juga: 7 Zodiak Ini Berpotensi Menjadi Entrepreneur Sukses

Phlegmatic (Rileks dan penuh kedamaian)
Phlegmatic tampaknya tertarik pada bidang pendidikan. Hanya mereka yang bisa memiliki kesabaran untuk mengajar. Sanguine akan menghabiskan seluruh kelas untuk bercerita kepada anak-anak. Melancholic akan sangat mengkritik murid sehingga membuat siswa takut.

Sifat lembut orang yang Phlegmatic menjamin suasana ideal untuk pembelajaran. Bukan hal aneh menemukan seorang Phlegmatic sebagai administrator, pustakawan, penasihat dan kepala departemen perguruan tinggi. Phlegmatic juga menyukai teknik. Mereka tertarik pada perencanaan dan perhitungan, Phlegmatic banyak mengjasilkan insinyur struktural, insinyur kimia, insinyur sipil dan ahli statistik. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply