Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Begini Cara Jaga Kesehatan Mental agar Tidak Stres

Dok. APA Blog Mental Health

Topcareer.id – Kesibukan yang luar biasa akan mudah membuat diri kamu mengalami stres. Jika dibiarkan terus akan berdampak buruk bagi kesehatan mental kamu.

Dalam bekerja perlu untuk menjaga kesehatan fisik. Tidak ketinggalan kesehatan mental juga harus diperhatikan agar tidak membuatmu stres hingga depresi, bahkan gila.

Melansir flightandscarlet.com, Selasa (05/11/2019) berikut ini cara untuk menjaga kesehatan mental.

Baca juga: Studi: Membatasi Email Setelah Jam Kerja Bikin Stres Karyawan Bertambah

Disiplinkan dirimu untuk mengambil waktu rehat sejenak
Bisa kamu lakukan dengan pergi tidur 15 menit lebih awal. Waktu terbaik untuk rehat biasanya setelah pulang kerja dan sebelum tidur. Gunakan waktu itu untuk terhubung dengan pasangan dan mengobrol tentang hari itu. Intinya gunakan waktu untuk bersantai selama beberapa menit dan menjernihkan pikiran. Jauhi layar smartphone saat rehat. Otak kamu perlu istirahat. Putuskan sambungan online beberapa menit sehari, itu akan membantu meningkatkan kesehatan mental kamu.

Makan lebih banyak makanan bergizi
Siapkan beberapa makanan sehat sebelum mulai kerja, sehingga pada jam sibuk kamu bisa memanaskannya kembali di microwave kantor. Tetapi ketika kamu benar-benar sibuk, luangkan satu jam di akhir pekan untuk masak makanan tinggi gizi dan nutrisi. Waktu weekend memang lebih tepat digunakan untuk sesuatu yang menarik, tetapi jika kamu memberi makan tubuh kamu apa yang dibutuhkan, kamu tidak akan mudah kelelahan dan stres. Ini baik bagi kesehatan mental.

Baca juga: Begini Cara Kelola Stres di Puncak Kesibukan

Minta bantuan teman
Jika kamu memiliki teman baik dan peduli dengan kamu, mintalah bantuan mereka. Apa pun itu untuk membantu meringankan pekerjaan atau tugas yang menjadi beban kamu. Bantuan dari teman dekat akan mengurangi level stres kamu.

Berolahraga
Tidak perlu menjadi masalah besar. Olahraga bisa dilakukan hanya dengan jalan-jalan dan setelah 10 menit selesai. Atau lakukan beberapa latihan ringan. Ini akan memberi dampak baik bagi kesehatan mental kamu.

Gunakan waktu perjalanan ke kantor untuk rehat
Gunakan waktu untuk memberi istirahat mental atau merenungkan harimu. Namun jika perjalanan kamu sangat panjang dan kamu perlu waktu untuk membalas email penting lakukanlah dengan cepat agar pikiranmu tidak stres dan terganggu. Setelahnya kamu bisa gunakan sisa waktu perjalanan untuk istirahat mental. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply