Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Agar Karyawan Bertanggung Jawab dengan Pekerjaannya

Dok. Awareness Day

Topcareer.id – Setiap karyawan memiliki kapasitas yang sangat unik untuk disiplin, komunikasi, dan pertumbuhan. Sebagai seorang pemimpin, tugas kamu untuk mencari tahu hal apa yang bisa membuat mereka tergerak, kemudian gunakan informasi itu untuk membuat karyawan lebih bertanggung jawab.

Akuntabilitas di tempat kerja sangat penting untuk keberhasilan karyawan dan bisnis perusahaan. Mengutip Subitup.com, berikut cara untuk meningkatkan akuntabilitas karyawan.

Tetapkan harapan saat proyek dimulai
Berikan satu set harapan yang ketat kepada para karyawan. Teruslah menyampaikan ekspektasi tersebut selama minggu-minggu pertama proyek dimulai. Ini kunci untuk membangun budaya akuntabilitas.

Baca juga: Agar Tugas Harian Cepat Selesai, Ini Triknya

Sering berikan feedback kinerja
Sangat penting untuk memberikan feedback yang bisa ditindaklanjuti kepada karyawan baik itu positif maupun negatif. Evaluasikan hal-hal seperti ketepatan waktu kerja, kehadiran, dan hal lainnya bisa mengukur respons mereka terhadap feedback kamu.

Bangun budaya pemberdayaan dan kepercayaan
Kebebasan di tempat kerja sangat penting, terutama ketika generasi pasca-milenium mulai memainkan peran dalam angkatan kerja. Dengan demikian, memberdayakan karyawan untuk mengendalikan jadwal mereka sendiri merupakan salah satu cara kuat untuk meningkatkan akuntabilitas. Ini bukan tugas kecil. Ini memberi tim kemampuan untuk memimpin jadwal mereka sendiri, dan ini menuntut tingkat kepercayaan.

Buat konsekuensi yang jelas
Penting bagi karyawan untuk memahami konsekuensi yang terkait dengan penyelesaian atau ketidaklengkapan tugas-tugas tertentu. Menetapkan konsekuensi dan ganjaran merupakan hal mendasar dalam membangun akuntabilitas.

Baca juga: Strategi Ini Bikin Kamu Bisa Melewati Masa Probation

Serius tapi santai
Ada gap tipis antara interaksi bisnis dan interaksi pribadi, itu adalah gap yang harus kamu nyamankan. Kamu harus mengambil pendekatan yang lebih manusiawi untuk hubunganmu dengan karyawan. Menciptakan suasana kerja yang lebih santai akan membuat karyawan mudah untuk bersikap terbuka dan jujur ​serta siap mengambil tanggung jawab pribadi atas tugas mereka.

Komunikasi adalah kunci
Berikan anggota tim kamu kemudahan untuk berkomunikasi dan menyampaikan hal apapun pada kamu sebagai atasan. Permudah mereka untuk berkomunikasi via telepon ataupun email.

Tetapkan tujuan dan value
Milikilah beberapa tujuan pokok dan sampaikan value nya untuk karyawan agar mereka fokus ketika dibanjiri banyak proyek. Ini dapat membantu karyawan menjaga hal-hal sederhana dan memaksimalkan produktivitas serta meningkatkan akuntabilitas mereka. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply