Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Strategi Ini Bikin Kamu Bisa Melewati Masa Probation

Topcareer.id – Masa probation atau percobaan dilakukan perusahaan untuk menguji dan memberi penilaian pada karyawan barunya untuk direkrut secara full time. Probation biasanya berjalan selama 3 hingga 6 bulan. Ini mungkin terdengar menakutkan, tetapi ini bukan hanya tentang kamu membuktikan nilaimu pada atasan.

Dikutip dari Mindtools.com, Jumat (08/11/2019), perhatikan strategi berikut ini untuk lulus masa probation.

1.Buat kesan pertama yang hebat
Jika kamu anggota tim, tunjukkan kerendahan hati. Patuhi keputusan manajer dan jalani dengan anggun, tunjukkan bahwa kamu memahaminya. Bersikaplah antusias, tersenyum, tampilkan bahasa tubuh yang positif, dan lakukan pendekatan. Ide bagus untuk berpakaian smart casual juga. Ini menunjukkan kamu menganggap dirimu dan pekerjaan dengan serius.

Perhatikan ketepatan waktumu juga. Tiba sedikit lebih awal dan pulang sedikit lebih lambat dari jam yang dikontrak akan menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan pekerjaan ini. Hindari terlambat dan banyak alasan pada minggu-minggu awal bekerja.

Baca juga: Bagaimana Cuaca Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan?

2. Ukur kemajuan kamu
Pertama, baca deskripsi pekerjaan dan kebijakan masa probation perusahaan secara menyeluruh. Ini akan membantumu mengklarifikasi apa yang diharapkan dari dirimu selama periode uji coba. Kemudian, duduklah bersama manajer dan diskusikan tujuanmu. Ini akan membantumu untuk fokus pada tujuan yang perlu kamu penuhi agar lulus probation dan untuk mengukur kemajuanmu ke arah itu.

Ingatlah untuk menjadi proaktif! Jangan menunggu orang lain memberi tahu kamu apa yang harus kamu lakukan. Carilah feedback dari sesama anggota tim atau dengan manajermu.

3. Temukan peluang
Kamu harus menjadi anggota tim yang sangat diperlukan. Lakukan ini dengan mengangkat dirimu pada standar kerja yang tinggi dan cari peluang yang memungkinkanmu untuk bisa melampaui harapan.

Misalnya, menawarkan diri untuk membantu kolega yang sibuk atau mengerjakan tugas baru. Membantu dengan cara membuat hidup kolega kamu menjadi lebih mudah akan membuatmu diperhatikan dengan alasan yang baik.

4. Bangun networking
Ketika kamu memiliki networking yang kuat, itu bisa meningkatkan visibilitasmu. Kamu juga akan merasa lebih mudah untuk berkolaborasi dan belajar tentang berbagai bagian di organisasi. Luangkanlah waktu untuk terhubung dengan semua orang di kantor.

Lakukan keterampilan interpersonal kamu dan bersikap ramahlah bahkan dengan rekan kerja yang sulit dihadapi. Perlakukan orang dengan hormat, hindari gosip dan politik kantor.

Baca juga: Lakukan Hal Ini untuk Meningkatkan Performa Karyawan

5. Pikirkan masa depan
Buatlah dirimu termotivasi sepanjang masa probation dengan berfokus pada apa yang akhirnya ingin kamu capai dalam karier. Pikirkan tentang keterampilan yang kamu butuhkan. Kamu mungkin takut untuk mengakui dirimu kurang pengetahuan saat probation karena takut terlihat tidak kompeten. Tetapi mengajukan pertanyaan, berpartisipasi dalam pelatihan di tempat kerja, dan bersikap proaktif tentang pengembangan pribadimu akan meningkatkan keterampilanmu dengan cepat.

6. Jaga diri sendiri
Berada dalam masa probation menjadi salah satu bagian pekerjaan paling menegangkan. Kamu tidak hanya punya banyak tugas baru untuk dipelajari, tapi juga punya tim baru untuk dikesankan. Jadi, penting bagi kamu untuk menjaga diri. Karena ketika kamu membiarkan stres membebani, itu bisa mempengaruhi kinerjamu secara signifikan.

Jadilah tangguh, rawat diri dengan baik, seimbangkan kehidupan kerja dan pribadi, gunakan teknik manajemen stress, dan tetap berpikiran positif.*

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply