Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Asal Usul Toko Online Gencar Promo 11.11

Dok. Alibaba

Topcareer.id – Kalau kamu penggila belanja online pasti kamu hapal dengan angka 11.11 (dibaca: sebelas sebelas) yang menunjuk tanggal 11 November. Di hari itu, banyak situs belanja online membuka promo diskon besar-besaran seharian di tanggal itu. Namun, tahukah kamu asal mula tanggal 11 November jadi hari promo buat toko online?

Angka 11 11 sendiri punya makna magis. Di Barat, angka itu dipercaya punya petuah. Bila kamu kebetulan melihat jam menunjukkan pukul 11:11, kamu sebaiknya berdoa agar apa yang kamu idamkan menjadi nyata. Waktu itu menunjukkan saat yang tepat untuk berdoa.

Sebab, di waktu itu, orang Barat percaya sesuatu akan terjadi. Dan agar apa yang terjadi itu membawa kebaikan buat kita, disarankan berdoa di waktu itu. Menurut ilmu numerologi pula, angka 11 melambangkan kesabaran, sensitivitas, kejujuran dan banyak hal positif lainnya.

Baca juga: Beriklan di Facebook Tidak Efektif untuk Jualan Online?

Banyak juga yang percaya, di jam 11:11, momen saat para roh dan makhluk supranatural lain berkomunikasi dengan makhluk hidup. Baiknya di momen itu kamu membuka diri untuk segala kemungkinan.

Makna 11.11 di China
Buat masyarakat China modern kisahnya lain lagi. Tangggal 11 November di Tiongkok dirayakan sebagai hari jomblo alias Single’s Day.

Pada dekade 1990-an di China, momen perayaan 11 November tumbuh menjadi perayaan di universitas-universitas, untuk merasa bangga jadi jomblo di tengah-tengah kultur yang menekankan keharusan punya hubungan asmara.

Namun, karena tanggalnya juga cantik dan mudah diingat, banyak pula yang melangsungkan pernikahan di tanggal ini.

Jack Ma. Sumber foto: Forbes

Oleh Jack Ma, bos e-commerce raksasa China Alibaba, tanggal 11 November diidentikkan jadi hari belanja online. Jack ingin punya tradisi belanja dengan diskkon besar-besaran seperti Black Friday di Amerika. Yang ia pilih tanggal 11 November atau 11.11. Tradisi itu dimulai tahun 2009, sebut laman Washington Post.

Kini hari belanja online 11.11 tak hanya hidup di China dan oleh e-commerce Ali Baba saja. Tapi juga mewabah ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sudah siap-siap belanja 11.11 mulai tengah malam nanti?* Diolah dari berbagai sumber.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply