Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Skill Ini Wajib Kamu Kuasai Saat Usia 40 Tahun

Topcareer.id – Ada keterampilan tertentu yang membutuhkan waktu dan upaya untuk dikuasai, dan kamu tidak bisa membiarkan dirimu frustrasi jika kamu belum menguasainya pada saat berusia sekitar 20-30 tahun an.

Mengutip fairygodbos.com, Rabu (06/11/2019) berikut ini beberapa kemampuan yang harus sudah kamu kuasai pada usia 40 tahun untuk membantumu meraih lebih banyak kesuksesan.

Mengidentifikasi kelebihan diri
Apa yang benar-benar kamu kuasai dalam karir profesional? Apakah kamu yang terbaik dalam bernegosiasi? Apakah kamu hebat dalam membawa energi positif ke tim? Apakah kamu terbaik dalam bekerja tim? Pada usia 40, kamu harus mengidentifikasi aset terbaik dalam dirimu dan terus membangunnya, akseslah kekuatan ini sebanyak mungkin.

Baca juga: 50 Persen Milenial Resign karena Kesehatan Mental

Mengidentifikasi kelemahan dirimu
Kamu juga harus mengidentifikasi kelemahan terbesarmu dalam karier. Mengidentifikasi kelemahan terbesarmu, kamu akan mengetahui apa yang menahanmu selama ini. Dengan begitu kamu bisa bekerja untuk segera memeranginya.

Mengetahui cara belajar dari kesalahan
Tidak ada orang yang sempurna. Salah satu kualitas yang paling mengagumkan adalah kejujuran diri, terutama di tempat kerja. Ketika kamu mengakui bahwa kamu melakukan kesalahan, kamu akan lebih cenderung menganalisis dan belajar darinya, serta mencegah kesalahan tersebut terjadi di masa depan.

Menerima kritik yang membangun
Menerima kritik yang membangun merupakan tugas yang hampir mustahil di awal karier seseorang. Tetapi pada saat berusia 40 tahun, kamu harus bisa mengesampingkan harga diri dan menerima kritik serta saran. Kamu harus bisa mengidentifikasi bahwa orang yang bekerja denganmu hanya ingin kamy melakukan yang terbaik.

Baca juga: Ingin Kaum Milenial Setia dengan Perusahaan? Lakukan 4 Cara Ini

Delegasi
Mendelegasikan penting untuk mencegah kejenuhan dan mengurangi stres yang dialami di tempat kerja. Kamu harus bisa mempercayai rekan kerjamu dengan memberikan tugas padanya daripada kamu harus melakukan semuanya sendiri.

Mediasi
Terlepas dari seberapa positif lingkungan kantor, akan selalu ada konflik. Beberapa konflik bisa diselesaikan tanpa menuju ke HRD. Memiliki kemampuan mediasi konflik di kantor sangat bermanfaat. Bisa untuk menjaga hubungan kerja persahabatan di kantor.

Membuat portofolio yang kuat
Pada usia 40 kamu harus memiliki portofolio tercetak yang paling memperlihatkan poin terbaik karier kamu, dan prestasi profesionalmu. Ini akan sangat berguna jika kamu ingin dilirik head hunter untuk mendapat penawaran hebat dari mereka.

Mengatakan ‘tidak’
Sulit untuk mengatakan ‘tidak’ pada usia berapa pun. Pada usia 40 dalam hidup, kamu harus bisa mengidentifikasi tugas mana yang perlu dan tugas mana yang tidak perlu atau dapat didelegasikan kepada orang lain.

Public speaking
Sekalipun pekerjaanmu tidak selalu di depan umum, berbicara di depan publik dikuasai dari latihan semata. Berusahalah untuk menjadi seorang yang luar biasa berbicara di depan umum dengan memulai dari yang kecil (berbicara di depan tim) dan secara bertahap bergerak maju (berbicara di depan seluruh anggota di perusahaan). *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply