Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Rekan Kerja Jadi Bos? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Ilustrasi. Sumber foto: Adegan di serial The OfficeIlustrasi. Sumber foto: Adegan di serial The Office

Topcareer.id – Di sebuah perusahaan atau pekerjaan pasti kamu memiliki rekan kerja yang cukup dekat dengan kamu. Tapi bagaimana jadinya jika rekan kerja yang sudah kita anggap sebagai saudara tiba-tiba mendapat promosi dan menjadi bos kamu?

Dilansir dari Insightsforprofessionals.com, Senin (11/11/2019), berikut adalah beberapa tips yang mungkin bermanfaat, jika kamu berada dalam situasi ini.

Bicarakan
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengucapkan selamat. Kemudian bicarakan dengan jujur perasaan kamu akan hal tersebut, apakah hal itu membuat kamu nyaman atau sebaliknya. Ia pasti akan mengerti semua perkataan yang kamu ungkapkan.

Jika kamu khawatir promosi yang diterimanya akan mempengaruhi hubungan yang sudah terjalin selama ini, jangan takut untuk mengakuinya. Cobalah melihat masa depan dengan optimisme, dan pikirkan bagaimana kamu dan teman kamu dapat mempertahankan hubungan yang positif.

Yang penting, jangan mengatakan sesuatu yang membuat ia berpikir jika kamu membenci kenaikan karier yang diperolehnya.

Terima perubahan
Ketika rekan kamu mendapat promosi, jangan seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Peran baru yang didapat teman kamu mengharuskannya mengambil tanggung jawab yang lebih besar, termasuk mengevaluasi perilaku dan memastikan kamu bersikap profesional di tempat kerja.

Bersikap terbuka dengan kolega lain
Ketika rekan kerja kamu mendapat promosi, kemungkinan ia akan berpindah ruangan dan memiliki kesibukan yang lebih tinggi. Jadi kemungkinan besar, kamu akan sulit untuk mengbrol dan hangout seperti dulu. Sebaiknya kamu mulai mencari rekan kerja lainnya yang dapat menggantikan posisi itu.

Jangan mengharapkan perlakuan khusus
Ketika teman kamu dipromosikan untuk jabatan lebih tinggi, tentu kamu pasti ikut senang, tapi jangan salah artikan itu ya! Dengan jabatannya yang lebih tinggi, bukan berarti kamu akan mendapat perlakuan khusus. Terkadang bantuan sekecil apapun, bisa menjadi sebuah masalah yang dapat merugikannya.

Dalam situasi ini, kamu mungkin bisa tetap mendapatkan manfaat dan keuntungan. Bisa jadi ketika ada proyek baru yang sesuai dengan kemampuanmu, kamu akan berada di daftar teratas untuk mengerjakannya.

Jadi cobalah untuk selalu berpikir positif, rasional dan profesional, ya!

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply