Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kehilangan Semangat Kerja? Ini Cara Efektif Mengatasinya

Dok. Crawlerwebsolutions

Topcareer.id – Hidup bukan kisah dongeng yang ending-nya mudah ditebak. Terkadang kamu tidak mendapat apa yang kamu ingin walaupun segalanya telah kamu rencanakan dengan matang. Hal semacam ini bisa membuatmu mengalami demotivasi kerja atau penurunan semangat kerja.

Akan fatal akibatnya bila demotivasi terlalu sering dialami. Ini akan membuat hidup penuh dengan mengeluh dan sulit maju. Mengutip Awakenthegreatnesswithin.com, berikut ini cara mengatasi demotivasi kerja.

Pahami alasan demotivasi
Salah satu hal pertama yang harus dilakukan ketika kamu mengalami demotivasi adalah duduk dan berpikir mengapa kamu merasa seperti itu. Kamu mungkin merasa kehilangan motivasi karena rasa takut. Alasan di balik demotivasi harus diatasi dan kamu hanya bisa melakukan ini dengan menghadapinya. Apa pun itu, hadapi dan pahami. Ini akan membantumu tetap merasa termotivasi sampai kamu menyelesaikan tugasmu.

Baca juga: Butuh Motivasi Kerja? Tonton 5 Film Ini

Panggil malaikat pelindungmu
Maksudnya, kontaklah seseorang yang benar-benar dekat dengan kamu. Bisa orang tuamu, sahabatmu, atau kekasih yang selalu ada untuk dirimu. Pastikan para guardian angels ini bisa memberi nasihat terbaik. Jangan sampai malah memprovokasimu. Hubungilah mereka sejenak sekitar 10-20 menit. Curhat dengan orang yang dekat dengan kamu bisa melepaskan beberapa bahan kimia yang secara instan meremajakan pikiranmu dan membuatmu merasa lebih baik.

Power nap
Tidur siang ekspres atau yang populer dengan sebutan power nap cukup efektif untuk membantu mengatasi demotivasi kerja. Demotivasi biasanya terjadi karena terlalu lelah berpikir, dan kerja keras belum membuahkan hasil. Cobalah ambil waktu rehat sejenak dan power nap. Ini bisa menyegarkan tubuh dan pikiran untuk kembali semangat menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga: 10 Cara Bantu Karyawan Beradaptasi dengan Perubahan di Perusahaan

Jangan cari hiburan di smartphone
Jangan mencari hiburan untuk demotivasi pada smartphone terutama membuka sosial media. Itu justru akan menyebabkan depresi yang di pikiran bawah sadar. Ketika kamu sedang terdemotivasi dan melihat orang lain lebih sukses dan bahagia hidupnya di sosial media, kamu hanya akan merasa lebih buruk.

Jalan-jalan
Tidak ada yang lebih menyegarkan seperti berjalan-jalan. Lergi ke tempat-tempat di mana kamu akan menemukan banyak orang, seperti mal, kedai kopi atau tempat lain. Dengan berjalan kaki menikmati suasana baru, kamu akan merasa segar kembali dalam waktu singkat. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply