- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Hobi yang Bagus untuk Kesehatan Mental

Sumber foto: Vitality MagazineSumber foto: Vitality Magazine

Topcareer.id – Hobi apa yang kamu miliki? Ternyata hobi tidak hanya dapat mengisi waktu luang kita, namun juga memiliki banyak manfaat untuk fisik dan pikiran kita.

Dilansir dari Ananddamani.com, Kamis (14/11/2019), yuk kita bahas hobi apa saja sih yang dapat meningkatkan kesehatan mental kita.

Kerajinan
Hobi yang satu ini sangat beragam, mulai dari membuat perhiasan hingga membuat furnitur. Membuat sesuatu dengan tangan kosong adalah cara yang bagus untuk memotivasi diri.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa terlibat dalam seni dan kerajinan dapat membantu mengatasi stres berlebih, mengatasi masalah kepercayaan diri, dan menghilangkan depresi.

Dengan memiliki hobi ini, kamu juga dapat membangun pertemanan yang luas dan erat karena adanya kesamaan minat dan bakat yang dimiliki.

Fotografi
Fotografi adalah hobi multiguna yang dapat membantu mendokumentasikan aspek positif kehidupan kamu. Fotografi memberikan perasaan rileks dan dapat mengurangi depresi serta kecemasan.

Tidak perlu memiliki peralatan mahal untuk menyalurkan hobi ini. Kamu bisa mendapatkan kepuasan yang sama dari kamera smartphone kamu.

Baca juga: Penghasilan Menggiurkan, Hilangkan Persepsi Game Cuma Hobi

Berkebun
Ketika masih kecil, kemungkinan kamu menghabiskan banyak waktu memetik bunga, mengumpulkan batu, dan menggali tanah. Berkebun adalah versi dewasa dari aktivitas ini.

Berkebun bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental dan fisik. Saat kamu menggali tanah, itu juga aktivitas yang bagus untuk meningkatkan mood kamu.

Mendengar atau bermain musik
Hampir semua orang menyukai musik, mulai dari mendengarkan hingga memainkannya. Tanpa kamu sadari, musik menjadi bentuk terapi diri yang dapat mengurangi ketegangan otot serta meningkatkan motivasi.

Musik juga bisa menjadi cara melepaskan emosi yang aman dan efektif. Asosiasi terapi musik di Amerika bahkan menggunakan musik untuk membantu orang-orang dengan gangguan kesehatan mental, sakit kronis, kebutuhan pendidikan khusus, dan gangguan kognitif.

Baca juga: Tak Bisa Jauh dari HP? Jangan-jangan Kamu Idap Nomophobia

Hiking
Berjalan kaki adalah salah satu kegiatan yang mudah dan juga menyehatkan. Jika kamu malas untuk melakukan ini sendiri, cobalah untuk mencari teman dan memilih rute yang menyenangkan.

Hobi hiking dapat membantu kamu memusatkan emosi dan mendapatkan kembali bagian diri kamu yang hilang karena pelecehan, kecanduan, atau trauma.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply