Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pomodoro Technique untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

Sumber foto: Dissertation CoachSumber foto: Dissertation Coach

Topcareer.id – Pomodoro technique merupakan metode manajemen waktu yang diciptakan oleh Francesco Cirillo pada akhir 80-an. Lebih dari 2 juta orang telah menggunakan teknik ini untuk mengubah hidup mereka, menjadikan mereka lebih produktif, fokus dan pintar.

Setiap orang yang bekerja harus berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan tugas dan memenuhi tenggat waktu. Teknik Pomodoro mengajarkan cara bekerja dengan mengikuti waktu daripada berjuang melawannya.

Teknik ini menggunakan timer untuk memecah pekerjaan menjadi interval, secara tradisional panjangnya 25 menit dan dipisahkan oleh istirahat pendek.

Melansir francescocirillo.com, Jumat (15/11/2019), berikut enam langkah untuk melakukan Pomodoro technique.

Pilih tugas yang ingin kamu selesaikan
Bisa sesuatu yang besar, kecil, atau sesuatu yang telah kamu tunda cukup lama. Yang penting, tugas ini adalah sesuatu yang layak mendapatkan perhatian penuh dari kamu.

Atur Pomodoro selama 25 menit
Buat sumpah kecil untuk diri sendiri, misal: “Saya akan menghabiskan 25 menit untuk tugas ini dan saya tidak akan menyela diri.” You can do it! Lagipula, itu hanya 25 menit.

Baca juga: Pekerjaan Menumpuk? Ini 5 Cara Meningkatkan Produktivitas

Kerjakan tugas sampai Pomodoro berdering
Benamkan diri kamu dalam tugas selama 25 menit. Jika kamu tiba-tiba menyadari bahwa kamu memiliki sesuatu yang perlu kamu lakukan, tuliskan saja dulu tugas itu di selembar kertas.

Saat Pomodoro berdering, beri tanda ceklist
Selamat! kamu telah menghabiskan seluruh waktu Pomodoro tanpa gangguan untuk suatu tugas.

Beristirahat sejenak
Bernapas, meditasi, ambil secangkir kopi atau teh, berjalan-jalan sebentar, atau melakukan hal lain yang membuat santai. Ingat, kegiatannya tidak boleh berhubungan dengan pekerjaan.

Setiap selesai 4 pomodoro, istirahatlah lebih lama
Setelah kamu menyelesaikan empat pomodoro, kamu bisa istirahat lebih lama. 20 atau 30 menit waktu yang cukup baik untuk istirahat. Otak kamu akan mengasimilasi informasi baru dan beristirahat sebelum menjalani babak berikutnya.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply