Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengenal Pekerjaan Virtual Assistant dan Bagaimana Menjalaninya

Young businesswoman working in the lobby of a modern business building, with copy space.

Topcareer.id – Asisten virtual (VA) adalah orang yang dapat memberikan dukungan kepada bisnis lain dari jarak jauh. Berkat internet berkecepatan tinggi, berbagi dokumen dan sistem panggilan konferensi murah, VA sangat diminati oleh pengusaha dan bisnis online yang butuh bantuan tetapi tidak ingin membawa staf penuh waktu.

Sebagai VA kamu bisa pilih untuk siapa bekerja dan tugas apa yang kamu ambil, kamu bisa atur jadwal sendiri dan bekerja dari mana saja.

Apa yang dilakukan VA setiap hari? Melansir Gatheringdreams.com, seorang VA Asisten benar-benar sembarang orang yang bisa membantu tugas-tugas dari lokasi yang jauh.

Baca juga: 9 Jenis Pekerjaan yang Dianggap Paling Tidak Disukai

VA akan menawarkan layanan kepada klien setiap hari untuk tugas general admin, pembuatan konten, pembukuan, desain grafis, media sosial, e-commerece, blogging, dan banyak lagi.

Jika kamu ingin memulai bisnis sebagai Virtual Assistant (VA) berikut ini caranya.

Fokus pada penawaran kamu
Tunjukan kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari menulis, mengirim email, manajemen kalender, pembukuan, pemasaran, media sosial, dan banyak lagi. Fokus pada keterampilan yang Anda miliki dan nikmati

Atur bisnis dengan cara yang benar
Ketika kamu memulai, kamu bisa mengaturnya sebagai pemilik tunggal. Kamu bisa mencari nasihat profesional untuk memastikan kamu mengatur bisnis dengan cara yang benar.

Baca juga: Tips Bikin Siaran Pers untuk Public Relation yang Laku Dilirik Media

Buat situs web dan kehadiran media sosial
Jika kamu ingin bekerja dari jarak jauh, kamu harus menjual dirimu sebagai seorang ahli dalam komunikasi online. Cara terbaik untuk melakukan ini dengan membuat situs web yang menunjukkan layanan apa yang kamu tawarkan.

Temukan teman di group
Bekerja dari rumah bisa menjadi pekerjaan yang sepi. Kamu akan selalu memerlukan kelompok pendukung, seseorang yang mengerti kamu dan bisa membantumu dengan nasihat, atau sekadar curhat. Temukan sekelompok orang yang mau berbagi tujuan denganmu dan bekerja bersama mereka untuk membangun bisnis yang sukses.

Buat klien senang dan minta feedback
Membuat klien bahagia merupakan aset terbesar bagi bisnis VA. Setelah kamu menemukan klien pertama, lakukan apa saja untuk memberikan layanan terbaik. Klien yang bahagia mungkin merekomendasikanmu kepada pemilik bisnis lain yang mereka kenal. Jangan takut untuk meminta feedback. Apakah ada sesuatu yang bisa kamu tingkatkan dan lakukan apa yang mereka katakan. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply