Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ciri-ciri Orang Beracun di Kantor. Jangan Sampai Kamu Memilikinya

Dok. Business Insider

Topcareer.id – Berhubungan dengan orang beracun di tempat kerja akan sangat menguras tenaga. Biasakan diri untuk mengenali ciri-ciri orang beracun. Selain untuk menjaga diri, bisa membantu kamu juga agar terhindar menjadi orang yang beracun.

Sebelum terburu-buru mengambuil keputusan untuk menilai seseorang eracun atau tidak, sebaiknya introspeksi diri dulu, jangan-jangan justru kamulah orang beracun itu.

Dikutip dari Psychologytoday.com, Senin (18/11/2019) berikut ini ciri-ciri karyawan yang beracun. Jika kamu memiliki salah satu dari ciri berikut ini, segera lakukan perbaikan diri.

Baca juga: Jenis Orang Beracun Ini Harus Kamu Hindari Di Tempat Kerja

  • Orang beracun itu manipulatif
    Modus operandinya membuat orang lain melakukan apa yang dirinya inginkan. Orang beracun menggunakan orang lain untuk mencapai apa pun tujuannya. Ini semua tentang kepuasan egonya sendiri.
     
  • Senang menghakimi
    Orang beracun akan selalu melayangkan kritik dan penilaian tentang orang lain, apa yang orang telah lakukan, dan apa yang orang lain tidak lakukan. Semua judgement nya cenderung negatif. Tidak pernah mereka mengkritik diri sendiri, dan mereka akan berbohong jika ada kritik menghampiri mereka.
     
  • Tidak bertanggung jawab atas perasaan sendiri
    Perasaan mereka akan diproyeksikan pada diri orang lain. Jika rekan kerjanya mencoba menunjukkan suatu hal yang bertentangan dengan mereka, maka mereka akan dengan gigih mempertahankan perspektif mereka, dan tidak bertanggung jawab atas hampir semua yang mereka lakukan.
     
  • Tidak pernah mau meminta maaf
    Bagi mereka semuanya selalu salah orang lain. Dalam banyak kasus, mereka selalu mencoba untuk mendapatkan simpati dan perhatian dari rekan kerja lain dengan mengklaim status dirinya sebagai korban.
     
  • Tidak konsisten
    Orang beracun jago mengubah perspektif, sikap, dan perilaku mereka tergantung pada apa yang mereka rasa perlu untuk dicapai atau apa yang mereka inginkan terjadi. Dan mereka tahu bagaimana menjadi baik ketika mereka menginginkan sesuatu dari orang lain.
     
  • Bisa membuat orang memilih mereka
    Seringkali ini berubah menjadi dinamika untuk memecah belah dan saling menaklukkan di mana satu-satunya pilihan adalah mereka, bahkan mereka bisa mempengaruhi orang lain untuk memutus hubungan orang dengan rekan kerja lain untuk memuaskan mereka.
  • Mereka memaksa orang bertahan pada suatu masalah
    Ingat, orang beracun itu manipulator hebat. Taktik mereka tidak jelas dan mengalihkan fokus diskusi pada bagaimana cara orang lain menyelesaikan masalah. Mereka fokus pada masalah, bukan solusi. Sehingga mereka bisa memaksa orang untuk tidak bisa keluar dari masalah.
     
  • Tidak peduli apa yang penting bagi orang lain
    Hal-hal baik yang terjadi pada orang lain akan selalu menggagalkan fokus mereka pada tujuan mereka sendiri. Waspadalah, mereka akan meninggalkan fokusnya demi menemukan kesalahan pada orang untuk kemudian menjatuhkannya.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply