Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, August 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Menghadapi Rasa Tidak Suka pada Pekerjaan

Sumber foto: Human Resources OnlineSumber foto: Human Resources Online

Topcareer.id – Tidak semua karyawan menjalani pekerjaan yang sesuai dengan impian mereka. Banyak sekali yang harus berjuang dengan profesi yang sebenarnya kurang pas di hati mereka.

Menghadapi hal seperti ini, tidak jarang dari mereka yang akhirnya memutuskan untuk resign. Padahal, ada baiknya jangan gegabah. Mendapatkan pekerjaan baru tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Dilansir dari themuse.com, Senin (18/11/2019), lebih baik kamu coba lakukan beberapa hal ini dulu.

Nilai situasi kamu
Banyak orang memiliki kecenderungan untuk larut memikirkan betapa sengsara dirinya dalam bekerja, sehingga lalai untuk menentukan apa yang sebenarnya menyebabkan ketidakbahagiaan itu.

Coba berikan pertanyaan sulit tentang situasi yang saat ini membuat kamu tertekan. Apakah itu tentang posisi kamu, atasan kamu, atau beberapa hal lain yang membuat tidak nyaman.

Apakah kamu selalu tidak menyukai pekerjaanmu? Pertanyaan ini akan menjadi dasar bagi kamu untuk menentukan langkah selanjutnya dengan kepala dingin dan fokus.

Baca juga: Alasan Kenapa Karyawan Kurang Motivasi Kerja

Lakukan percakapan mendalam
Setelah mengidentifikasi apa yang sebenarnya mengilhami ketidaksukaanmu atas posisi kamu, sekarang saatnya untuk melakukan percakapan yang lebih mendalam.

Apakah beban kerjamu terlalu berat? Apakah kamu merasa tidak dibayar dengan adil untuk jumlah dan tekanan pekerjaan yang kamu lakukan? Bicarakan hal ini dengan pimpinan kamu untuk melihat apakah ada penyesuaian yang bisa dilakukan.

Ganti perspektif
“Tetap positif!” Ini mungkin adalah nasihat klise yang sudah kamu dengar berkali-kali, namun penting untuk dilakukan.

Pasalnya, ketika kamu membenci apa yang kamu lakukan, kamu cenderung berpikir untuk sekedar menghabiskan waktu sampai akhirnya bisa melarikan diri dari neraka itu.

Sikap negatif seperti itu tidak akan membuat hidup kamu lebih mudah. Jadi, daripada mengeluh, gunakan kesempatan untuk terus memperbaiki keterampilan dan menaklukkan tantangan baru.

Baca juga: Punya Bos Workaholic? Begini Mengatasinya Agar Kamu Tidak Stres

Curhat
Kamu pasti tahu aturan tidak tertulis untuk tidak mengomel tentang kebencianmu terhadap pekerjaan di Facebook atau Instagram. Lebih baik carilah teman tepercaya untuk membicarakan semua keluhan dan gangguan yang kamu rasakan.

Lakukan yang terbaik
Saat kamu tidak bahagia, kamu akan mudah jatuh ke dalam perangkap yang menjatuhkan. Sebaiknya, teruskan pekerjaan dengan tetap memberikan hasil yang berkualitas.

Dengan melakukan pekerjaan yang baik, semangat dan kepercayaan diri kamu akan kembali meningkat.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply