Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kamera Smartphone Tak Sekadar Buat Foto. Apa Manfaat Lainnya?

Kamera smartphone. (Dok. Youtube tumbnail)

Topcareer.id – Kamera smartphone yang ada di genggamanmu tak sekadar bisa untuk selfie atau memotret pemandangan sekitar. Dengan aplikasi yang tepat, kamera smartphone dapat melakukan hal lain, mulai dari menerjemahkan teks hingga memindai dokumen.

Berikut beberapa manfaat terindah lain dari kamera smartphone seperti dalam laman Popsci.

1. Menerjemahkan teks asing

Dengan aplikasi terjemahan biasa, kamu mungkin harus mengetik teks dalam bahasa asing dan kemudian mengonversinya ke dalam bahasa Ibu, atau sebaliknya. Tapi, ada ide yang lebih baik, pindai menu (atau dokumen lain) dengan kamera ponselmu dan langsung lihat terjemahan bahasa Inggrisnya.

Baca juga: Trik Arah Cahaya yang Baik Saat Foto Makanan

Kamu dapat mengerjakan trik ini di ponsel apa saja dengan aplikasi Google Translate gratis (untuk Android dan iOS). Setelah mengunduh program, buka dan pilih bahasa yang  diperlukan, yang akan diterjemahkan dan yang akan diterjemahkan, dari menu drop-down di bagian atas layar.

Lalu ketuk tombol Terjemahkan Instan, yang terlihat seperti kamera dengan tanda tambah kecil di dalamnya. Sekarang arahkan kamera ponsel ke teks asing, dari rambu-rambu jalan ke dokumen kertas, dan layar akan menampilkan kata-kata yang diterjemahkan.

2. Tambahkan augmented reality

Ingin melihat grafis digital yang dihamparkan pada tampilan kamera ponselmu tentang dunia? Kamu bisa gunakan kamera smartphone untuk augmented reality lho, baik Android dan iOS. Untuk mencoba AR, mulailah dengan Snapchat (untuk Android dan iOS).

Instal aplikasi pesan foto dan video, buka layar kamera, dan ketuk di mana saja di tempat kejadian. Snapchat akan segera menampilkan beragam stiker AR, yang dapat kamu pratinjau dengan satu ketukan. Kemudian sesuaikan sudutmu, letakkan stiker di tempat yang paling cocok, dan ambil foto atau video seperti biasa.

Jika Snapchat tidak bisa, kamu masih dapat menikmati AR di ponsel. Beberapa contoh: PGA Tour AR (hanya untuk iOS), Inkhunter (untuk Android dan iOS) memungkinkanmu melihat pratinjau tato di kulit Anda sebelum Anda menggunakan jarum, dan aplikasi Katalog Ikea.

Baca juga: Ingin Punya Foto Seperti Selebgram? Begini Triknya!

3. Cari informasi

Dengan sedikit bantuan dari teknologi Google Lens yang ada di dalam Google Photo untuk Android, kamu dapat mengambil gambar apa saja dan kemudian menerima informasi tentang objek tersebut.

Jika ingin menggunakan trik ini, gunakan Google Photo untuk membuka gambar apa pun, lalu ketuk tombol Google Lens, yang terlihat seperti bentuk kamera yang disederhanakan, di bagian bawah layar. Perangkat lunak ini akan mengenali objek di foto, apakah itu landmark bersejarah atau jenis bunga, dan memberikan informasi tentangnya. Anggap saja seperti alat pencarian visual, mengenali segala sesuatu dari selebriti hingga karya seni terkenal.

Jika memiliki ponsel Google Pixel, kamu juga dapat mengakses Lens melalui Google Assistant. Tekan dan tahan tombol Home untuk membuka Asisten, lalu ketuk tombol Google Lens di kanan bawah dan arahkan kamera ke target. Ketuk layar untuk mengonfirmasi bahwa item gambar adalah yang ingin kamu pelajari, dan informasi akan muncul di layar. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply