Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Bekerja Optimal saat Putus Cinta

Topcareer.id – Putus hubungan cinta bisa mempengaruhi emosimu, dan emosi akan menentukan perilakumu. Kondisi seperti ini akan menyulitkanmu untuk tetap fokus di tempat kerja.

Untungnya, meskipun kamu terluka, ada banyak cara sederhana untuk menolongmu tetap produktif.

Mengutip glassdoor.com, Rabu (20/11/2019), berikut trik agar kamu tetap bisa memberikan performa terbaik dalam bekerja ketika putus cinta.

Anggap pekerjaan sebagai selingan
Tanpa kamu sadari, pekerjaanmu bisa berfungsi sebagai pengalih perhatian. Berada di kantor akan membantu mengalihkan pikiranmu dari hal menyakitkan yang sedang terjadi.

Cobalah matikan ponsel dan menjauh dari media sosial saat di kantor. Tempatkan fokus kamu untuk berpartisipasi dalam apa yang sedang terjadi di tempat kerja.

Tetap sehat secara mental dan fisik
Tetaplah makan dengan teratur, tidur cukup, berolahraga, dan semangati dirimu lewat teman dekat serta keluargamu. Mereka adalah jaringan pendukung terbaikmu. Luangkan waktu selepas jam kerja untuk menemui dan meminta saran terbaik dari mereka.

Baca juga: Sering Bekerja di Akhir Pekan? Awas Kena Depresi

Percaya pada satu atau dua rekan kerja tepercaya
Jangan beri tahu semua orang. Tapi biarkan satu atau paling banyak dua rekan kerja yang kamu percaya mengetahuinya. Ajak mereka bicara privat denganmu saat jam istirahat. Curhat pada mereka bisa membantu meringankan beban yang kamu rasakan.

Coba cara kerja baru
Cara-cara baru untuk mengatur hari kerjamu bisa membantumu untuk tetap mengingat pekerjaan apa yang harus kamu lakukan. Ini lebih baik daripada berkutat pada perpisahan atau terjebak dalam perasaan.

Bekerja dengan orang lain jika memungkinkan
Berinteraksi dengan orang lain dan menghindari bekerja solo di kantor juga baik untuk mengalihkan perhatianmu. Saat kamu terlibat dengan orang lain, kamu jadi memiliki lebih sedikit waktu untuk memikirkan apa yang sedang terjadi dalam kehidupan pribadimu.

Baca juga: Pekerjaan vs Hubungan Percintaan, Bagaimana Agar Seimbang?

Jangan berlebihan
Meskipun disarankan untuk berkonsentrasi pada tugas tertentu yang bisa kamu kerjakan, menangani proyek terbesar yang bisa kamu temukan segera setelah putus cinta adalah ide yang buruk. Ini bisa membuatmu merasa lebih buruk, terutama jika kamu ternyata tidak sanggup.

Buat kebiasaan baru
Kamu boleh membuat kebiasaan dan rutinitas baru di luar pekerjaan. Jika kebiasaanmu di masa lalu adalah mengangkat telepon dan mengirim pesan teks ke mantanmu sepanjang hari, gantilah dengan kebiasaan lain seperti berolah raga atau mengirim pesan ke teman. Lama kelamaan rutinitas baru ini akan menjadi kebiasaan barumu.

Buat rencana setelah bekerja
Jadwalkan banyak hal untuk dilakukan di luar kantor seperti nonton film dengan teman, makan malam bersama keluarga, hingga mengambil kursus baru.

Jadwalkan diri kamu tiga atau empat hari dalam seminggu sehingga kamu memiliki banyak hal untuk dinanti.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply