Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Wawancara Kerja: Bagaimana Menjawab `Deskripsikan Dirimu dalam Satu Kata`?

Dok. Journal

Topcareer.id – Ada jenis pertanyaan wawancara yang dirancang tricky untuk membuat kandidat mengungkapkan informasi yang mungkin disembunyikan. Salah satunya mungkin pertanyaan seperti ini “Bagaimana kamu menggambarkan dirimu dalam satu kata?”

Tina Nicolai, pelatih karier eksekutif dan pendiri Ink Resume Writers dalam laman The Ladders, mengatakan alasan mengapa perekrut menanyakan ini.

Melalui satu kata itu, Taylor mengatakan pengusaha akan dapat menilai tipe kepribadian kandidat, seberapa percaya diri kandidat dalam persepsi diri, dan apakah gaya kerjamu cocok untuk pekerjaan itu.

Baca juga: Wawancara Kerja? Ini Cara Jawab `Seberapa Baik Kamu Bekerja di Bawah Tekanan?`

Lantas apa yang membuat pertanyaan ini manjadi salah satu pertanyaan yang tricky atau menjebak dari perekrut? Menurut Taylor, pertanyaan ini bisa menjadi tantangan, terutama di awal wawancara, karena kamu tidak benar-benar tahu tipe kepribadian apa yang dicari manajer.

“Ada garis tipis antara kalimat menyelamati diri sendiri dengan benar-benar percaya diri, atau rendah hati versus malu-malu. Dan orang-orang memiliki banyak segi, jadi menempelkan label pendek dalam satu kata pada diri sendiri tampaknya hampir mustahil,” kata Taylor.

Apa tanggapan yang dicari oleh perekrut? Lanjutkan dengan hati-hati. Taylor menambahkan, jika kamu tahu bahwa kamu dapat diandalkan dan berdedikasi, tetapi suka fakta bahwa temanmu memuji humor cerdasmu, tetap dengan rute konservatif.

Baca juga: Cara Jawab Pertanyaan `Apa yang Kamu Harapkan pada Jabatan Ini?` Saat Wawancara

Jika kamu melamar pekerjaan akuntansi, deskripsi satu kata yang mungkin tidak boleh adalah “kreatif,” dan jika itu adalah posisi direktur seni, kamu tidak ingin seperti itu, “tepat waktu,” misalnya.

“Sebagian besar pengusaha saat ini mencari pemain tim yang berkepala dingin di bawah tekanan, optimis, jujur, dapat diandalkan, dan berdedikasi,” ujar Taylor. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply