Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Alasan Mengapa Kesehatan Mental Sangat Penting

Dok. Unique IQ

Topcareer.id – Apabila kesehatan mental seseorang terganggu, ia akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang mengarah pada perilaku buruk.

Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin berada dalam keadaan tenteram dan tenang, sehingga memungkinkan untuk menikmati kehidupan dan menghargai orang lain di sekitar.

Dikutip dari huffpost.com, Jumat (22/11/2019), ada beberapa alasan penting untuk menjaga kesehatan mental.

Kesehatan fisik lebih baik
Ada hubungan kuat antara pikiran dan tubuh. Jika kamu menderita sakit fisik, pekerjaan dan kehidupan bisa terpengaruh dan kamu tidak bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai. Dan ini bisa mengakibatkan stres, cemas, dan depresi.

Gangguan kesehatan mental juga bisa mengganggu kesehatan fisik, menyebabkan gangguan tidur atau mengganggu fungsi kekebalan tubuh.

Baca juga: Kenali Eustres, Stres yang Punya Dampak Positif

Peningkatan produktivitas dan stabilitas keuangan
Individu dengan gangguan kesehatan mental yang tidak diobati mungkin menghadapi masalah ekonomi yang signifikan.

Penelitian juga menunjukkan hubungan antara gangguan kesehatan mental dan penurunan produktivitas. Orang yang berjuang dengan kecemasan dan depresi lebih cenderung mengambil cuti sakit berulang kali untuk jangka waktu yang lama.

Menurunkan tekanan pada keluarga
Mengalami penyakit mental memengaruhi keluarga maupun individu. Anak-anak dari orang-orang dengan penyakit mental berisiko lebih besar untuk mengalami pelecehan, penelantaran, dan berbagai masalah emosional dan perilaku. Dalam banyak kasus, efeknya terbawa hingga dewasa, mendorong anak-anak untuk mencari perawatan kesehatan mental mereka sendiri.

Baca juga: Tiga Cara agar Stres Kantor Tak Terbawa ke Rumah

Menghindari kejahatan
Orang dengan penyakit mental berisiko lebih tinggi untuk melakukan kejahatan atau kekerasan. Risiko meningkat secara substansial ketika individu menggunakan obat-obatan atau alkohol. Paling sering tindakan kekerasan dilakukan terhadap anggota keluarga atau seseorang dalam lingkaran sosial terdekat individu tersebut.

Panjang umur dan bahagia
Menurut sebuah studi di British Medical Journal, orang-orang dengan masalah kesehatan mental yang bahkan ringan mungkin memiliki harapan hidup yang lebih rendah. Mereka yang memiliki tingkat depresi atau kecemasan tertinggi memiliki risiko kematian yang meningkat 94 persen, paling sering terkait dengan penyakit jantung.

Jadi itulah mengapa kamu harus memprioritaskan kesehatan mental. Karena merawat pikiran dan tubuh tidak hanya membantu untuk hidup lebih lama tetapi juga lebih baik. Jagalah kesehatan mentalmu agar terhindar dari akibat buruknya.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan