Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ragam Manfaat Nyata Influencer untuk Strategi Marketing

Topcareer.id – Menempatkan influencer sebagai salah satu strategi marketing kini dinilai jadi tren sendiri karena memiliki beberapa manfaat.

Forbes pun menyebutkan beberapa manfaat nyata influencer sebagai bentuk strategi marketing.

Efek Momentum

Orang akan merasa senang ketika mereka menemukan sesuatu yang baru atau menarik. Dan menemukan sesuatu melalui media sosial, jauh lebih berpengaruh daripada melihatnya melalui iklan yang disajikan. Apalagi kalau konten influencer itu dibanjiri banyak likes, komentar, serta share.

Meningkatkan Kepercayaan

Konsumen lebih mempercayai orang lain daripada mereka mempercayai brand. Bahkan, dalam laporan Nielsen’s Global Trust in Advertising, 82 persen warga Amerika Serikat percaya rekomendasi orang yang mereka kenal, dan 66 persen percaya rekomendasi dari pendapat yang diposting oleh konsumen online.

Semua metode rekomendasi ini lebih dipercaya daripada jenis iklan apapun yang dijalankan oleh brand di TV, surat kabar, atau outlet serupa. Bahkan, brand yang mengiklankan dirinya sendiri di platform media sosial dinilai kurang dapat dipercaya, hanya 42 persen tepercaya.

Baca juga: Alasan Konten Interaktif Jadi Trik Marketing Ampuh di 2020

Inspirasi

Influencer diposisikan secara unik untuk menceritakan kisah-kisah otentik yang berhubungan tentang bagaimana mereka menggunakan produk. Studi yang dilakukan oleh Nielsen Catalina menemukan bahwa penjualan dari program influencer yang berpusat pada makanan memiliki hasil 11 kali lebih baik daripada kampanye iklan spanduk yang khas.

Kelola Fragmentasi (cerita cuplikan)

Alam semesta sosial terlalu terfragmentasi untuk berharap menjangkau semua pengikutmu secara efisien melalui saluran brand saja, terutama ketika jangkauan organik di Facebook terperosok sekitar kurang dari 2 persen.

Selain itu, Forrester telah menemukan bahwa konsumen terlibat dengan rata-rata 11,4 konten sebelum melakukan pembelian. Program influencer dapat berskala lebih mudah dan berjalan secara efisien di seluruh platform ini melalui beberapa akun influencer.

Baca juga: Tak Selalu Negatif, Buzzer Bisa Bantu Marketing Brand Kamu

Konten Lebih Baik, Lebih Cepat

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sekitar setengah dari pemasar yang disurvei mengatakan bahwa konten influencer berkinerja lebih baik daripada konten yang diproduksi brand. Biasanya dalam hal menghasilkan keterlibatan positif dari pelanggan dan prospek brand.

“Untuk satu klien tahun lalu, influencer kami menciptakan lebih dari 15.000 keping konten untuk brand itu. Jika dihasilkan oleh biro iklan, volume konten itu akan menelan biaya jutaan dolar, bahkan sebelum siapa pun melihat konten tersebut. Influencer memproduksi dan berbagi konten dalam skala besar,” ujar Jim Tobin, president Carusele.

Jika program influencer diatur dengan benar, setiap bagian konten dapat diberi peringkat terhadap yang lain.

Ini membantu brand menghasilkan konten serupa yang berkinerja baik dan menunjukkan potongan konten mana yang berkinerja terbaik “di alam liar” sebelum membagikannya di saluran mereka sendiri.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply