Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bagaimana Robot Bisa Membantu Pekerjaan HRD?

Sumber foto: Allerin

Topcareer.id – Ya, teknologi kini bisa membantu setiap kegiatan manusia, pun dalam skala lebih besar seperti bisnis dan industri. Salah satunya dalam profesional HRD (human resources departement).

Tapi, sayangnya tugas-tugas penting HRD masih tampak manual, seperti menyaring CV dan mengelola penilaian.

Teknologi robotic process automation (RPA) merupakan solusi yang terjangkau, dapat diandalkan, dan mudah digunakan, pun untuk bidang HRD.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana RPA dapat membantu profesional HRD, seperti dalam laman Tech Wire Asia:

Rekrutmen

Meninjau CV membutuhkan waktu berjam-jam dan merupakan proses yang sangat membosankan. Dengan menggunakan software screening cerdas, SDM dapat mengotomatiskan sedikit proses.

Cukup latih algoritme atau bot RPA untuk mempelajari persyaratan pekerjaan dan seperti apa kandidat yang memenuhi syarat berdasarkan keputusan perekrutan sebelumnya.

Otomatisasi juga dapat membantu perekrut menambang profil media sosial publik tentang calon karyawan dan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh CV tradisional.

Baca juga: Studi: 64 Persen Pekerja Lebih Percaya Robot daripada Manajernya

Dukungan karyawan

Solusi cerdas dapat membantu staf SDM menghemat waktu dengan mengotomatisasi tugas akhir bulan seperti cuti, menghitung gaji, dan membuat penyesuaian menit terakhir pada kompensasi karyawan.

Solusi ini juga dapat membantu membuat perhitungan dan pengurangan pajak bulanan menjadi mudah, menghasilkan slip pembayaran sesuai permintaan, mendistribusikannya dengan tepat bersama dengan slip pembayaran bank dan klarifikasi kompensasi/penyesuaian.

Pembelajaran dan pengembangan

Otomasi di bidang pembelajaran dan pengembangan dapat memperkenalkan lapisan alat gamification seperti kompetisi, lencana, dan berbagi sosial yang membuat modul pelatihan lebih menarik.

RPA juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan karyawan berdasarkan peran mereka saat ini, minat, aspirasi dan kesenjangan keterampilan yang ada.

Baca juga: SCG dan Akademi Sains Tiongkok Kembangkan Kerja Sama Teknologi dan Inovasi di Lima Bidang

Evaluasi kinerja

Di seluruh organisasi, proses mengevaluasi kinerja tetap menjadi tugas yang memakan waktu dan melelahkan. Bot RPA dapat membuat penilaian jauh lebih mudah. Ini bisa menjadi alat yang benar-benar berguna untuk melacak KPI dan kinerja di seluruh perusahaan. RPA yang diterapkan pada penilaian juga dapat membantu evaluasi berkelanjutan untuk ratusan ribu karyawan.

Keterlibatan karyawan

Keterlibatan dan survei kepuasan karyawan hampir tidak mengukur sentimen nyata di lingkungan kerja karena beberapa alasan. Namun, dengan teknologi saat ini, dimungkinkan untuk menganalisis teks dan posting media sosial tentang emosi dan sentimen menggunakan pesan di media sosial internal.

RPA juga dapat membantu memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana perasaan karyawan dan apa yang dapat dilakukan untuk lebih terlibat dengan mereka.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply