Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Sosok

Sosok Ani Idrus Tampil Di Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

Ani Idrus. (dok. istimewa)

Topcareer.id – google selalu menghiasai laman utamanya dengan doodle, kali ini yang tampil mengisi google doodle adalah sosok Ani Idrus. Tapi, tahukah kamu siapa dia?

Ia merupakan wartawan senior kelahiran Sawahlunto, Sumatra Barat, 25 November 1918 dan meninggal di Medan, Sumatra Utara pada 9 Januari 1999 dengan umur 80 tahun.

Dahulu ia mendirikan Harian Waspada bersama suaminya H. Mohamad Said pada tahun 1947. Terakhir ia menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Harian Waspada dan majalah Dunia Wanita di Medan.

Baca juga: Era Digital Serba Medsos, Najwa Shihab: Peran Jurnalis Sangat Penting

Ani idrus sempat menjalani pendidikan sebagai mahasiswa fakultas hukum UISU Medan tahun 1962 – 1965. Dan pada 19 Juli 1990 menyelesaikan sidang akhir untuk jurusan ilmu sosial politik UISU.

Ia memulai profesi sebagai wartawan tahun 1930 dengan menulis di majalah Panji Pustaka Jakarta. Pada 1936 bekerja pada Sinar Deli Medan. Bersama H. Moh Said ia menerbitkan majalah politik Seruan Kita di tahun 1938 dan tahun 1947 menerbitkan Harian Waspada. Lalu dua tahun setelahnya menerbitkan majalah Dunia Wanita.

Prestasinya pada tahun 1990, ia mendapatkan penghargaan dari Menteri Penerangan R.I. sebagai wartawan di atas 70 tahun yang masih aktif berkontribusi.

Sebelumnya, ia juga sempat mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diberikan pada dirinya tahun 1959, berikut piagam Pembina Penataran Tingkat Nasional dari BP7 Jakarta pada 1979. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply