Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Bayar Pengamen Kini Bisa Lewat GoPay, Begini Caranya

Sumber foto: Culture TripSumber foto: Culture Trip

Topcareer.id – Menyantap hidangan lezat sambil mendengarkan nyanyian musisi jalanan memang jadi kenikmatan tersendiri, apalagi jika lagu yang dinyanyikan cocok dengan suasana hati.

Setelah lagu usai, hasrat untuk mengapresiasi biasanya muncul. Sayangnya kita tak selalu membawa uang kecil di saku, sehingga banyak musisi jalanan yang tidak mendapatkan apresiasi sebagaimana mestinya.

Nah, buat kamu yang sering mengalami hal seperti ini, sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena GoPay telah menyediakan solusi untuk masalah itu.

Baca juga: Gojek Resmi Luncurkan Platform VOD, GoPlay

Melalui kerjasama dengan Institut Musisi Jalanan (IMJ), Para pengamen diberi kode QR GoPay, sehingga orang-orang yang ingin memberikan apresiasi bisa memindai kode dan menentukan jumlah uang yang akan diberikan.

Namun, tidak semua musisi jalanan bisa mendapat kemudahan ini. Mereka harus terlebih dahulu mendaftar ke IMJ dan menjalani serangkaian proses. Mulai dari menyerahkan beberapa dokumen seperti KTP, KK dan Surat Keterangan Bebas Narkoba, hingga ikut tahapan wawancara.

Sejauh ini, sudah ada lebih dari 200 musisi jalanan di Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta yang telah memiliki kode QR GoPay.

Tak hanya pengamen saja

Dalam Konferensi Musik Indonesia (KAMI) yang digelar di Gedung Budaya Sabilulungan, Bandung pada 23 November 2019 lalu, GoPay berencana menggandeng para musisi untuk merasakan manfaat transaksi nontunai.

“Sejak kerja sama ini diluncurkan pada Juni 2019 lalu, rata-rata musisi jalanan pun mengakui penghasilannya meningkat hingga 300%,” ucap Senior Manager Consumer PR GoPay, Deviani Wulandari dalam acara tersebut, seperti yang tertulis dalam rilisan pers.

“Melihat capaian positif ini, GoPay kembali diajak untuk terlibat dalam konferensi musik yang mengumpulkan ribuan pelaku industri dan penikmat musik di Indonesia. Harapannya, dampak positif tadi bisa dirasakan oleh lebih banyak musisi dan tak hanya terbatas pada musisi jalanan,” ujarnya.

Baca juga: Jenis Musik untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Apa Saja?

Niat baik tersebut lantas disambut baik oleh Penggagas dan KAMI, Glenn Fredly. Kebetulan, Glenn adalah salah satu dosen tetap di IMJ.

“Saya sebagai salah satu dosen tetap di IMJ telah melihat konsistensi dan dampak positif yang dibawa oleh GoPay melalui penggunaan transaksi nontunai kepada para pelaku industri musik lokal, terutama musisi jalanan,” ucap Glenn Fredly.

“GoPay lewat inovasi teknologinya membantu menghadirkan solusi untuk tantangan yang dihadapi oleh para musisi di dalam ekosistem musik. Kami percaya inovasi ini tidak hanya akan memudahkan para musisi dalam mencari nafkah namun juga diharapkan bisa turut mendorong mereka untuk terus berkarya,” ujarnya.

feby@gmail.com'
the authorFeby Ferdian

Leave a Reply