Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, August 10, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Cara Untuk Meningkatkan Skill Menulis

Dok. Crazy Egg

Topcareer.id – Menulis menakutkan bagi banyak orang terutama mereka yang tidak terbiasa bekerja sebagai penulis. Namun skill menulis bisa dipelajari dan hampir semua orang bisa meningkatkan keterampilan menulis mereka dengan sedikit disiplin dan kemauan untuk belajar.

Kemampuan menulis bukan hanya akan berguna bagi para jurnalis, copy writer atau mereka yang bercita-cita jadi sastrawan, seorang yang bekerja di bidang sales, litbang dan marketing pun dituntut untuk memiliki skill menulis yang baik. Sebab, saat mereka menulis laporan pekerjaan, apa yang mereka tulis jadi lebih mudah dipahami orang lain.

Kamu Ingin menjadi penulis yang baik? Mengutip Wordstream.com, Senin (25/11/2019) berikut cara untuk meningkatkan keterampilan menulismu.

Baca juga: 7 Profesi Freelance dengan Gaji Tinggi

Poles kemampuan dasar menulis
Sebelum kamu menulis konten yang luar biasa, kamu memerlukan setidaknya pemahaman menengah tentang prinsip dasar penulisan. Kamu harus mengetahui dasar-dasar tata bahasa dan ejaan.

Menulis secara teratur
Jika kamu ingin meningkatkan keterampilan menulismu, menulis secara teratur tidak hanya akan mengurangi rasa takutmu pada halaman kosong. Itu juga akan membantumu mengembangkan gaya yang unik.

Membaca
Rajin membaca merupakan cara mudah untuk mulai mengembangkan keterampilan menulismu. Semakin banyak kamu membaca, semakin besar kemungkinanmu mengembangkan tulisan dan mempelajari kesalahan mana yang harus dihindari.

Baca juga: Contek Trik Copywriting Ini Biar Jualanmu Laris Manis

Cari partner
Meskipun menulis dianggap sebagai aktivitas soliter, penulis terbaik tahu kapan saatnya untuk mendapatkan umpan balik yang dibutuhkan pada pekerjaan mereka. Bicaralah dengan rekan kerja dan tanyakan pada mereka apa yang harus kamu perbaiki.

Edit tulisanmu
Mengedit adalah keterampilan yang sulit untuk dipelajari bagi penulis pemula. Di sinilah mata editor yang dingin dan keras akan membantumu dengan baik. Kembangkan disiplin yang diperlukan untuk menghilangkan kata-kata asing dan kata yang tidak perlu.

Temukan editor yang baik
Menemukan dan bekerja dengan editor yang baik adalah salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulismu. Penting bagi kamu untuk mengembangkan kebiasaan yang baik sejak awal dan belajar untuk menerima kritik konstruktif tentang tulisanmu.

Jangan takut untuk mengatakan apa yang kamu pikir
Banyak konten di web membosankan. Ini karena terlalu banyak blogger fokus pada menuangkan berita yang sama seperti orang lain tanpa menambahkan pendapat mereka sendiri. Benar bahwa kamu tidak ingin melanggar undang-undang pencemaran nama baik, tetapi itu tidak berarti kamu tidak bisa mengatakan apa yang kamu pikirkan.

Lakukan riset
Jangan memalsukan statistik hanya karena tergesa-gesa. Pastikan data yang kamu tulis memiliki sumber yang jelas untuk ditulis. Selain menghindari masalah, kamu juga terlihat lebih profesional. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply