Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Cara Profesional Menolak Pekerjaan dari Atasan

Ilustrasi (Dok. iStock)

Topcareer.id – Tidak ada yang ingin mengatakan “tidak” kepada bos, tetapi kadang-kadang itu harus dilakukan demi kewarasan mental. Ya, secara teknis tugas kamu adalah melakukan apa yang dikatakan atasan kamu kepada dirimu. Tetapi kadang-kadang bahkan mereka tidak menyadari bahwa kamu sudah memiliki terlalu banyak pekerjaan.

Jadi bagaimana kamu bisa mengatakan tidak tanpa menyinggung atasan kamu atau bahkan berakhir di kantor HRD untuk menerima SP alias surat peringatan. Pada akhirnya kamu harus belajar untuk mengatakan “tidak” dengan sopan dan efektif serta tetap profesional.

Dikutip dari bestlifeonline.com, Rabu (27/11/2019), ini cara terbaik untuk menolak pekerjaan tambahan dari atasan.

Baca juga: Punya Bos Workaholic? Begini Mengatasinya Agar Kamu Tidak Stres

Beri atasan alasan valid
Jangan hanya memberi tahu atasan bahwa kamu tidak ingin melakukan sesuatu karena kamu tidak ingin melakukannya. Datanglah dengan alasan yang valid. Setiap atasan yang baik akan mengerti jika tugas baru lebih penting, mereka kemungkinan besar akan mendorong deadline untuk tugas lain agar meringankan beban kerja kamu.

Tawarkan solusi alternatif
Bos kamu tidak akan menghargai jika hanya memberi tahu bahwa kamu terlalu sibuk untuk membantu tanpa solusi lebih lanjut untuk masalah yang dihadapi. Bos akan lebih menghargai jika kamu menawarkan saran alternatif dan membuat hidup mereka lebih mudah secara eksponensial.

Tunjukan rasa terima kasih
Bahkan ketika kamu mengatakan tidak, kamu harus berterima kasih kepada atasanmu. Ini mungkin terdengar aneh, tapi bos kamu hanya menawarkan lebih banyak pekerjaan kepada kamu biasanya karena mereka percaya pada kemampuanmu.

Baca juga: Do’s and Don’ts Saat Kamu Bersahabat dengan Bos

Cari orang lain untuk melakukannya
Ketika kamu menyampaikan pada bos bahwa kamu tidak bisa membantunya, untuk mencairkan suasana, temukan karyawan lain yang memenuhi syarat yang bisa memiliki waktu untuk membantumu.

Empati
Menolak permintaan dari orang yang menandatangani gaji kamu adalah masalah sensitif. Salah satu cara untuk menyelesaikan ini adalah mengatakan dengan profesional “Saya mengerti bahwa ini penting dan harus dilakukan dengan tuntas, tetapi sayangnya saya tidak punya cukup waktu dalam jadwal saya untuk memberi tugas ini perhatian yang layak dari saya.”

Jangan bawa masalah pribadi
Segala sesuatu yang kamu katakan harus faktual dan terkait dengan pekerjaan, dan kamu harus menghindari membawa masalah pribadi ke dalam respon kamu. Contoh apa yang tidak boleh ditulis: “Saya benar-benar tidak merasa ingin melakukan proyek ini karena itu di bawah saya dan semua rekan kerja saya melakukan hal-hal yang jauh lebih penting.”

Baca suasana hati.
Jangan memberi tahu atasan bahwa kamu terlalu sibuk untuk mengerjakan proyek lain saat suasana hati bos sedang buruk. Tunggu sampai bos kamu tenang sebelum mengajukan penolakan. Ini bertujuan agar Bos memahami kesulitanmu. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply