Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Gaji PNS DKI Jakarta Rp 19,5 Juta, Jawa Timur Rp 12 Juta, Jawa Tengah Rp 6 Juta. Minat Mana?

Dok. GNFI

Topcareer.id – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah ditutup sejak tanggal 26 November kemarin. Pemprov DKI Jakartapun menjadi salah satu instansi dengan pelamar terbanyak.

Penasaran ga dengan gaji PNS di provinsi yang digadang-gadang insentifnya tidak kalah dengan sektor swasta?

Ternyata kisaran gaji untuk PNS Pemprov DKI Jakarta mencapai angka belasan juta lho. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Baca juga: Kisah Lebah Mencari Ibunya, Jadi Maskot Alfamart dan Diterima CPNS Ditjen Pajak

“Kalau gaji untuk S1 CPNS itu take home pay-nya Rp 6,9 juta, gajinya Rp 2 juta dan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) Rp 4,8 juta. Setelah 1 tahun menjadi PNS, maka gajinya sebesar Rp 2,5 juta dan TKD-nya Rp 17 juta, jadi totalnya 19,5 juta.” ujarnya dalam wawancara di Mata Najwa, Rabu (27/11/2019).

Ini baru gaji di level bawah, bagaimana gaji para pejabatnya?

Dalam kesempatan tersebut Anies mengatakan pendapatan dengan angka tersebut jangan berharap para PNS akan kerja menganggur.

“Jangan berharap dapat angka ini dan kerja nganggur ya, karena Jakarta itu demanding sekali. Jadi buat yang berminat masuk ke Jakarta, maka Anda mendapatkan reward yang baik, tapi ingat Anda harus kerja extra keras, inovatif dan berintegritas. Baru bisa dapat angka itu.” tambahnya.

Baca juga: Jadi Komisaris Utama Pertamina, Gaji Ahok Rp 9,2 M Per Bulan. Ini Hitungannya

Selain DKI Jakarta, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga mengungkapkan gaji PNS di daerahnya yang mencapai angka Rp 12 juta rupiah. Di tahun pertama PNS membawa pulang gaji sebulan hampir Rp 12 juta.

“Seperti mas Anies, kalau di Jawa Timur tahun pertama PNS itu hampir Rp 12 juta.” ujar Khofifah pada kesempatan yang sama.

Berbeda dengan DKI Jakarta dan Jawa Timur, Pendapatan PNS di Provinsi Jawa Tengah terbilang lebih rendah dibanding Jakarta dan Jawa Timur. “Kalau di Jawa Tengah ya dapetnya separuhnya dari Jawa Timur-lah,” ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Berminat jadi PNS di 3 Provinsi di atas? *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply