Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Profesional Tingkatkan Skill Networking

Dok. Videoblocks

Topcareer.id – Ada banyak jalan menuju kesuksesan bisnis maupun karier. Setiap jalan memiliki setidaknya satu kesamaan yaitu Networking. Kamu tidak akan bisa menumbuhkan bisnis dan kariermu jika orang tidak tahu siapa kamu. Untuk itu kamu harus selalu meningkatkan keterampilan networking.

Mengutip Inc.com, Kamis (28/11/2019) berikut tujuh cara untuk meningkatkan networking kamu.

Menentukan tujuan
Kamu perlu networking dengan tujuan. Tetapkan tujuan dan usahakan membuat pertemuan lanjutan. Menetapkan tujuan akan membantumu fokus dan tepat sasaran.

Baca juga: Tips Jago Networking untuk Introvert

Kualitas di atas kuantitas
Banyak orang berpikir bahwa networking berarti bertemu sebanyak mungkin orang. Salah. Membuat beberapa koneksi yang bermakna seringkali lebih baik daripada membuat banyak koneksi tapi tidak bermakna.

Lakukan riset
Penting untuk mengetahui siapa yang akan hadir di sebuah acara perkumpulan komunitas. Buat daftar pendek orang-orang yang ingin kamu temui. Lakukan Googling dan lihat profil LinkedIn sehingga ketika kamu bertemu seseorang yang baru kamu akan tahu sesuatu tentang mereka, dan ini baik untuk membina hubungan profesional.

Ciptakan networking dari mana saja
Networking tidak harus dilakukan di kedai kopi, bar atau acara perkumpulan. Beberapa koneksi terbaik dibuat dengan mengobrol ringan dengan kenalan baru dimanapun. Diskusi bisnis spontan membuat orang merasa lebih baik tentang membuat koneksi yang terkait dengan pekerjaan.

Baca juga: Keuntungan Bekerja di Coworking Space yang Perlu Kamu Manfaatkan

Hindari berjualan langsung
Saat membangun networking baru dan berkenalan dengan kolega baru, lakukanlah secara profesional. Kenali mereka lebih mendalam, dan hindari langsung menjual produk atau jasa dari bisnis kamu. Ini akan membuat orang tidak nyaman dan gagal membuat koneksi baru dengan kamu.

Aktif di media sosial
Terlibat dengan orang-orang secara online adalah penting bagi pekerja terutama jika ingin menjalin networking dengan prospek atau perusahaan yang bekerja di ruang digital. Namun jangan terpaku hanya pada media sosial, pertemuan langsung bertatap muka bisa memperkuat hubungan bisnis.

Semakin banyak orang yang kamu temui semakin mudah kamu menciptakan networking. Buatlah kesan pertama yang bermakna pada kolega barumu. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply